UMM Institutional Repository

Pola Penggunaan Facebook sebagai Penerus Informasi dalam Mengerjakan Tugas Kuliah Audio Visual (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012).

Iswahyudi, Rizky Arisanda (2016) Pola Penggunaan Facebook sebagai Penerus Informasi dalam Mengerjakan Tugas Kuliah Audio Visual (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyarisa-43455-1-pendahul-n.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyarisa-43455-2-babi.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan Facebook sebenarnya menjadi peluang yang cukup menarik untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, dimana dalam Facebook mahasiswa tidak hanya dapat bertegur sapa di chat Facebook tapi juga bisa bertukar informasi mengenai tugas mata kuliah. Atau bisa juga membuat grup untuk sekedar bertukar ilmu dan berkomunikasi secara luas dengan anggota lainnya. Jadi media social Facebook tidak hanya berfungsi untuk forum untuk berkomunikasi saja tapi juga menjadi media untuk bertukar informasi, khususnya mengenai tugas mata kuliah. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola penggunaan Facebook sebagai penerus informasi dalam pengerjaan tugas kuliah Audio Visual pada mahasiswa Komunikasi Angkatan 2012? Pendekatan teori dalam penelitian ini adalah teori Cyber community (Cyber Community Theory) yang menekankan kepada kelompok sosial (social community) yang berkembang di dalam dunia maya, dan melihat bagaiamana tercipta atau terbentuknya, bagaimana komunikasi kelompok, bagiamana sebuah media kelompok mengkonstruksi pesan penggunanya. Peneliti menggunakan deskriptif kualitatif, karena peneliti ingin dan berusaha mendeskripsikan atau menjelaskan mengenai pola pengguna Facebook sebagai penerus informasi dalam pengerjakan tugas kuliah Audio Visual. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini metode analisis data yang dipakai adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola penggunaan Facebook sebagai penerus informasi dalam mengerjakan tugas kuliah Audio Visual, termasuk pola keseimbangan, ini lebih terlihat pada teori dari pada prakteknya, dimana komunikasi yang terjalin antara dosen dan mahasiswa sangat terbuka, jujur, langsung dan bebas. Dengan motif, medapatkan informasi tugas kuliah sekaligus menjalin hubungan dengan dosen dan sebagai sarana untuk berdiskusi. Serta manfaat, untuk menjalin komunikasi, mendapatkan informasi antar sesama pengguna dan dunia kampus, juga informasi terbaru yang lebih up to date. Selain itu Facebook dapat memenuhi kebutuhan komunikasi antar pengguna melalui media Facebook.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 03:10
Last Modified: 28 Sep 2016 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32589

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo