UMM Institutional Repository

STRATEGY MARKETING COMMUNICATION SENGKALING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI SENGKALING FOOD FESTIVAL (Studi pada Manajemen Sengkaling)

Sarasati, Tities Jendrayu (2016) STRATEGY MARKETING COMMUNICATION SENGKALING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN DI SENGKALING FOOD FESTIVAL (Studi pada Manajemen Sengkaling). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titiesjend-43456-1-pendahul-n.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-titiesjend-43456-2-babipe-n.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Sengkaling Food Festival merupakan tempat wisata yang berada di kawasan Taman Rekreasi Sengkaling UMM. Sejak berubah kepemilikan Taman Rekreasi Sengkaling menjadi milik Universitas Muhammadiyah Malang, maka munculah wahana baru Wisata Kuliner terbesar di Jawa Timur yang diberi nama Sengkaling Food Festival. Namun dengan berjalannya waktu Sengkaling Food Festival membuat jumlah konsumen pasang surut dalam sehari – hari terkecuali di akhir pekan. Pada akhir pekan jumlah konsumen relatif lebih banyak daripada hari – hari biasa. Hal tersebut juga tidak asing terjadi pada usaha kuliner di tempat lain. Dalam hal ini penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategy marketing communication yang dilakukan oleh Manajemen Sengkaling dalam meningkatkan jumlah konsumen di Sengkaling Food Festival. . Penelitian ini dilakukan di Sengkaling Food Festival, dan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dengan empat orang subyek penelitian yaitu Harjadi Gunawan (General Manager), Kristiono Prihastopo (Kepala Divisi Marketing), Heri (Anggota Divisi Marketing), dan Laila Fitri (Anggota Divisi Marketing), yang diambil menggunakan teknik purposive sampling serta melakukan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif, kemudian melakukan uji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber. Teori yang dipakai adalah teori Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil dari penelitian diperoleh bahwa Sengkaling Food Festival menggunakan pull strategy dalam meningkatkan jumlah konsumen. Adapun tahapan yang dilakukan oleh Manajemen Sengkaling yaitu: fact finding, planning, communication, dan evaluation. Setelah itu jika dikaitkan dengan teori IMC (Integrated Marketing Communication), Sengkaling menggunakan periklanan, promosi penjualan, penjualan personal dan pemasaran langsung. Media periklanan yang digunakan yaitu: billboard, baliho, brosur, umbul-umbul, buletin, koran dan radio. Promosi penjualan yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan diskon 15% kepada konsumen Sengkaling Food Festival ketika memperingati HUT Taman Rekreasi Sengkaling yang ke-43th, memberikan potongan harga tiket masuk ke Taman Rekreasi Sengkaling, dan memberikan diskon 10% kepada member koperasi yang bekerjasama dengan Sengkaling.Selain memberikan diskon, Manajemen Sengkaling juga membuat rancangan perencanaan event berdasarkan moment kalender pada hari besar dan juga berdasarkan request instansi, kampus dan juga komunitas. Sedangkan Penjualan personal yang dilakukan oleh Sengkaling yaitu menawarkan langsung terhadap komunitas, kampus maupun instansi perusahaan yang ingin menyelenggarakan event di Sengkaling dan Sengkaling Food Festival. Sedangkan dalam kegiatan pemasaran langsung, Sengkaling menerima pemesanan tiket dan tempat melalui telepon ataupun melalui media sosial email, dan website.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:51
Last Modified: 28 Sep 2016 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32588

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo