UMM Institutional Repository

Pengelolaan Publikasi MelaluiMedia Sosial Sebagai sarana Pengenalan Kegiatan Nandur Dulur( Studi deskriptif pada tim publikasi Nandur Dulur)

Amalina, Yustisia Nur (2016) Pengelolaan Publikasi MelaluiMedia Sosial Sebagai sarana Pengenalan Kegiatan Nandur Dulur( Studi deskriptif pada tim publikasi Nandur Dulur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yustisianu-43457-1-pendahul-p.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yustisianu-43457-2-babi.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Media massa sebagai sarana komunikasi sangat membantu penyebaran informasi. Pembentukan opini publik melalui media massa berkembang sangat cepat. Oleh sebab itu kita perlu memikirkan bagaimana mengelola suatu media massa khususnya media sosial agar kita dapat menginformasikan isi pesan secara jelas dan dapat mempersuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan publikasi melalui media sosial nandur dulur agar khalayak dapat mengetahui tentang informasi kegiatan mereka? Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data berupa hasil wawancara dari tim publikasi kegiatan nandur dulur. Subyek dari penelitian ini berjumlah tiga orang yang merupakan tim publikasi dari nandur dulur. Analisis penelitian ini berdasar pada Friedrichsen dan Wolfgang mengenai manajemen media sosial dengan membaginya ke dalam empat tahap, manajemen media sosial nandur dulur yang dapat disimpulkan sebagai berikut: Define the value propositio langkah pertama mereka adalah menginformasikan tentang nandur dulur dan kegiatannya kepada teman-teman terdekat, dari situ mereka yakin bahwa teman-teman terdekat akan menyebarkan informasi tentang kegiatan nandur dulur. Kemudian bisa dilihat dari informasi terdekat bagaimana percakapan khalayak tentang kegiatan mereka. Bisa positif ataupun negatif. Segmentation, Targeting, and Positioning, dalam hal segmentation, disimpulkan bahwa mereka memetakan khalayak berdasarkan mereka yang berminat dengan kegiatan nandur dulur. Berminat bisa sebagai pengajar yang mengajari anak-anak kecil ketrampilan, orang tua anak-anak yang berminat mengikut sertakan anaknya dalam kegiatan nandur dulur serta anak-anak kecil yang berminta ikut bermain dan belajar dalam kegiatan nandur dulur, dalam hal targetingTarget utama dalam penginformasian kegiatan nandur dulur melalui media sosial adalah memberi informasi kepada para orangtua yang mempunyai media sosial untuk mengikut sertakan anak-anaknya didalam setiap kegiatan nandur dulur, dan dalam hal positioning Dalam menentukan positioning, tim publikasi menjelaskan bahwa mereka menggunakan empat media sosial untuk menginfomasikan kegiatan mereka. Diantaranya adanya Facebook, Twitter, Instagram dan Blog. Operations and delivery process dapat di simpulkan bahwa penyebaran informasi pada media sosial ditentukan dulu temanya seperti apa, kemudia mereka membuat pamflet yang berisi gambaran kapan diadakan kegiatan mereka, kapan dan dimana. Pembuatan pamflet tergantung dari tema apa yang diangkat. Berlandaskan pada konsep setiap kegiatan, mereka mengharapkan informasi yang dituangkan melalui media sosial dapat menympaikan pesan kepada khalayk sesuai tujuan awal yakni memperkenalkan kegiatan nandur dulur ke khalayak luas.Measurement and feedback dalam hal ini, indikasi keberhasilan mereka yang paling dapat dilihat adalah bertambahnya jumlah followers pada sosial media mereka yang bisa dikatakan signifikan dalam kurun waktu satu tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:47
Last Modified: 28 Sep 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32587

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo