UMM Institutional Repository

Hubungan penggunaan smartphone dengan perilaku membaca (Studi pada Pengunjung Warung Kopi Gapura Malang).

Rusmaniarta, Yanuar Naria (2016) Hubungan penggunaan smartphone dengan perilaku membaca (Studi pada Pengunjung Warung Kopi Gapura Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarnari-43458-1-pendahul-n.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarnari-43458-2-babi.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Memanfaatkan smartphone bisa dilakukan dimanapun tidak terkecuali di kedai kopi sambil nongkrong. Nongkrong di kedai kopi sudah menjadi bagian gaya hidup warga warga Kota Malang beberapa tahun terakhir ini. Tempat yang nyaman, fasilitas hotspot area serta suguhan kopi dan cemilan ringan memang ditujukan untuk membuat pengunjung betah berlama-lama disana. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan smartphone dengan perilaku membaca pada Pengunjung Warung Kopi Gapura Malang. Peneliti menggunakan metode kuantitatif tipe deskriptif. Untuk mempermudah interpretasi data, maka dalam penelitian ini digunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan untuk melihat hubungan penggunaan smartphone dengan perilaku membaca pada pengunjung Warung Kopi Gapura Malang adalah dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukan bahwa jawaban responden sebesar 3.73 dan termasuk dalam kategori setuju atau positif yang artinya responden memberikan tanggapan positif mengenai pentingnya penggunaan smartphone. Selain itu diketahui mean jawaban responden sebesar 3.57 dan termasuk dalam kategori setuju atau positif yang artinya responden memberikan tanggapan positif mengenai perilaku membaca di Warung Kopi Gapura Malang. Maka hubungan penggunaan smartphone dengan perilaku membaca ini dapat dilihat dari hasil penelitian melalui uji korelasi antara penggunaan smartphone dan perilaku membaca didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.815 dengan p-value 0.000. Nilai p-value yang lebih kecil dari alpha 0.05 menunjukkan adanya hubungan signifikan antara penggunaan media sosial dan perilaku membaca. Tingkat keeratan korelasi penggunaan smartphonel dan perilaku membaca menunjukkan tingkat yang sangat kuat, artinya bahwa penggunaan smartphone yang meningkat akan secara meningkatkan perilaku membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 02:40
Last Modified: 28 Sep 2016 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32586

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo