UMM Institutional Repository

Analisis Isi Pada Film Animasi Horor Komedi Frankenweenie Karya Tim Burton

Rakhmadhona, Nur Sella (2016) Analisis Isi Pada Film Animasi Horor Komedi Frankenweenie Karya Tim Burton. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nursellara-43460-1-pendahul-n.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nursellara-43460-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Media massa adalah alat- alat dalam komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan media massa dibanding dengan komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu(Nurudin 2007:9). Media yang termasuk ke dalam kategori media massa adalah surat kabar, majalah, radio, TV, dan film. Sebagai salah satu media massa, film dapat menarik khalayak luas dengan kekuatan alur cerita sehingga pesan dari film tersebut dapat mempengaruhi penontonnya. Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu (Effendy, 1986: 134). Pada proses penyampaian pesan, dari komunikator kepada komunikan ada pula aspek yang perlu dipahami yaitu teknik komunikasi. Di dalam teknik komunikasi terdapat empat unsur yakni pesan yang memiliki muatan informative, persuasif, koersif dan humanity/ manusiawi. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tiga ketagorisasi yaitu: Informatif, Persuasif dan Koersif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah scene pada film Frankenweenie 2012. Satuan ukur dalam penelitian ini adalah durasi per detik untuk mengetahui frekuensi kemunculan tiap kategori. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis isi. Kemudian di uji reliabilitas peneliti menggunakan rumus Holsthy dan di uji kembali nilai keterhandalannya dengan rumus Scott Pi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, peneliti menarik kesimpulan bahwa pada film Frankenweenie 2012 mengandung muatan pesan teknik komunikasi dengan kategori persuasif yang paling dominan. Dengan total prosentase kemunculan 25 scene atau 35,5% dari 68 scene kemunculan dalam film Frankenweenie. Peneliti menyimpulkan bahwa film Frankenweenie menampilkan banyak sekali adegan- adegan yang mengandung pesan ajakan, dengan tujuan menghidupkan kembali jasad yang telah mati. Melalui pesan persuasif atau ajakan terhadap penonton khususnya anak- anak, dalam hal ini berbahaya bagi pembangunan karakter anak- anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 01:52
Last Modified: 28 Sep 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32584

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo