UMM Institutional Repository

STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENCITRAKAN BANYUWANGI SEBAGAI DESTINASI WISATA Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi

Ginanjar, Aditya Catur (2016) STRATEGI PROMOSI PEMERINTAH DAERAH DALAM MENCITRAKAN BANYUWANGI SEBAGAI DESTINASI WISATA Studi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banyuwangi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityacatu-43568-1-pendahul-n.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityacatu-43568-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pengembangan kepariwisataan merupakan kegiatan yang strategis ditinjau dari segi pengembangan ekonomi dan sosial budaya. Salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai potensi wisata dan mulai melakukan pengembangan kepariwisataan yaitu Kabupaten Banyuwangi. Sebagian daerah wisata Banyuwangi memiliki peluang untuk lebih dikembangkan sebagai daerah wisata yang lebih menarik bila dibandingkan dengan daerah lain, hal ini didasarkan pada kondisi alam dan letak geografis yang sangat mendukung. Dalam rangka pengembangan kepariwisataan di Banyuwangi, maka diperlukan sebuah strategi yang benar dan tepat dalam mencitrakan Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Strategi yang digunakan oleh pemerintah Banyuwangi ialah menggunakan strategi promosi. Untuk itulah peneliti tertarik melakukan penelitian ini, sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi pemerintah daerah dalam mencitrakan Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan strategi promosi Pemerintah Banyuwangi dalam mencitrakan Banyuwangi sebagai destinasi wisata. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan data deskriptif berupa kata – kata tertulis ataupun lisan dari hasil wawancara dengan karyawan Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi mengenai strategi promosi yang dilakukan dalam upaya mencitrakan Kabupaten Banyuwangi sebagai Destinasi Wisata Lokasi penelitian ini adalah di Dinas Pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang beralamatkan di Jalan Jend. A. Yani 74 Banyuwangi. Penelitian dilakukan pada 20 September sampai 12 Oktober 2015. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah wawancara dan dokumentasi Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah teknik analisa Domain (Domain Analysis). Keabsahan penelitian ini menggunakan analisis triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi yang dilakukan untuk membangun citra Banyuwangi sebagai destinasi wisata yaitu dengan mix promotion melalui 5 hal yaitu: periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan personal, dan hubungan masyarakat. Strategi yang digunakan dalam promosi destinasi wisata oleh kabupaten Banyuwangi adalah Pull dan Push Strategy. Melalui Pull dan Push Strategy ini diperoleh perubahan image negatif mampu yang merubah perilaku seseorang dalam berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi dapat dihilangkan, hal inilah yang menyebabkan peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Banyuwangi selain itu, Pull dan Push Strategy berhasil menarik pihak swasta untuk bekerja sama dalam mengembangkan promosi wisata di Kabupaten Banyuwangi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, strategi promosi wisata yang dilakukan oleh Pemerintah Banyuwangi didasarkan pada penyelenggaraan event Banyuwangi Festival dan ditunjang dengan promosi melalui media relations. Event Banyuwangi Festival yang diadakan setiap tahunnya mampu menarik kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara. Media relations yang digunakan terdiri atas 3 taktik, yaitu untuk menarik ( pull strategy ), untuk mendorong (push strategy ), dan upaya untuk memengaruhi atau menciptakan opini publik yang menguntungkan serta public relations, diharapkan mampu memengaruhi kesadaran publik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:37
Last Modified: 27 Sep 2016 07:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32573

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo