UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PUBLIC RELATIONS PADA ORGANISASI SOSIAL Studi pada Kasus Kerjasama Medical Emergency Rescue-Committee Indonesia dengan PT. Bank Negara Indonesia 46 Tbk

Ditasari, Alfiah (2016) PENERAPAN MODEL PUBLIC RELATIONS PADA ORGANISASI SOSIAL Studi pada Kasus Kerjasama Medical Emergency Rescue-Committee Indonesia dengan PT. Bank Negara Indonesia 46 Tbk. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfiahdita-43569-1-pendahul-n.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-alfiahdita-43569-2-babi.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena organisasi sosial yang menggunakan public relations untuk menjalin hubungan kerjasama dengan relasi, pencitraan organisasi, maupun menciptakan iklim fundraising dengan publik. Lembaga sosial merupakan organisasi yang bertujuan untuk menarik perhatian publik yang tidak berdasarkan faktor komersial. Lembaga sosial yang jauh dari orientasi komersial memperjuangkan program dan misi kepedulian serta kemanusiaan. Di era globalisasi, dimana organisasi sosial tidak lagi bisa bergantung hanya kepada pemodal dana. Oleh karena itu, public relations digunakan organisasi sosial untuk menjalankan misinya. Maka penelitian ini tertarik untuk mengaji bagaimana penerapan model public relations pada organisasi sosial. Untuk mendapatkan pengetahuan yang lengkap maka studi ini dilakukan pada organisasi sosial Medical Emergency Rescue-Committee (MER-C) Indonesia di Jakarta. Model public relations adalah model komunikasi dengan publik (perusahaan atau organisasi), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu atau kerjasama (Grunig). Aktifitas publik relations menitikberatkan dan memperhatikan bagaimana organisasi berhubungan dengan masyarakat. Dalam kegiatan public relations terdapat usaha untuk mewujudkan hubungan yang harmonis antara suatu badan dengan publiknya, usaha untuk memberikan atau menanamkan kesan yang menyenangkan, sehingga menimbulkan opini publik yang menguntungkan bagi kelangsungan hidup badan atau organisasi itu. Melalui strategi penelitian deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, maka data yang diperolah dianalisis menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua model public relations yang diterapkan MER-C. Model public relations pertama adalah model satu arah simetris (One way symmetrical model). Model ini diterapkan MER-C dengan media massa atau pers. Karena MER-C bertindak selayaknya wartawan dalam menyebarluaskan informasi kepada publiknya dan mengendalikan berita atau informasinya kepada media massa. Media massa yang digunakan juga meliputi media cetak, televisi, dan media online yang merupakan media komunikasi satu arah. Sedangkan model public relations kedua adalah model dua arah simetris (Two way symmetrical model). Model ini diterapkan MER-C dengan PT. Bank Negara Indonesia 46 Tbk. Karena MER-C dan BNI 46 dalam proses komunikasinya secara bergantian menyampaikan pesan. Komunikasi ini juga digunakan sebagai alat untuk saling kompromi dan bernegosiasi dalam menjalankan setiap kegiatan. Ada riset kecil yang dilakukan keduanya dalam menentukan lokasi pembangunan klinik sosial sesuai dengan kebutuhan masing-masing organisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:33
Last Modified: 27 Sep 2016 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32572

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo