UMM Institutional Repository

Film, Spiritualitas, dan Postmodernitas (Analisis Semiotik Poststruktural Pada Lima Film Pendek Denny Januar Ali)

Wardani, Anggiani Wisda (2016) Film, Spiritualitas, dan Postmodernitas (Analisis Semiotik Poststruktural Pada Lima Film Pendek Denny Januar Ali). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggianiwi-43570-1-pendahul-n.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggianiwi-43570-2-babi.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Islam sebagai bentuk spiritualitas religius sedang mendapat sorotan di mata dunia. Ajaran Islam secara general di terima oleh dunia, seperti penerimaan dunia pada karya seorang sufi yakni Jallaludin Rumi, namun penganutnya, terutama organisasinya, mendapat sambutan yang kurang baik, ini menunjukkan ada permasalan pada penganutnya, bukan pada Islam dan ajarannya. Al-qurÂ’an sebagai kitab yang dijadikan tuntunan adalah berbentuk teks, segala yang berbentuk teks maknanya terletak pada subjek, pembacanya, bukan pada teks itu sendiri, sehingga membutuhkan analisis teks untuk memahami teks tersebut, walaupun maknanya hanya dalam konteks tertentu. Pada lima film Denny JA yang merupakan teks yang diteliti ini mengangkat kehidupan Islam dalam masyarakat kontemporer dan bagaimana penganut Islam yang dinamis menggunakan ajaran Islam untuk mengambil sikap dan keputusan. Lima film ini mengambil setting kejadian real yang memang pernah terjadi di Indonesia namun di dramatisasi. Lima film ini berjudul Cinta yang Dirahasiakan, Minah Tetap Dipancung, Romi dan Yuli Dari Cikeusik, Bunga Kering Perpisahan, dan Sapu Tangan Fang Yin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik, dengan jenis penelitian kualitatif interpretatif. Unit analisis yang digunakan berupa unit terkecil pada film yakni berupa shot. Teknik pengumpulan data adalah dengan dokumentasi. Peneliti membongkar film dan memisahkannya ke dalam tabel scene. Kemudian peneliti menganalisis shot dengan mengacu pada hubungan tanda-tanda dan lima kode Barthes untuk menemukan tanda-tanda postmodernisme seperti hibridisasi kode, dekonstruksi, simulasi, hipperealitas, dll. Pada penelitian ini diperoleh hasil penelitian yaitu pertama, bahwa Denny JA sebagai komunikator yang ingin menyampaikan pesan bahwa epistimologis spiritualitas modern telah didekonstruksi oleh postmodernisme, spiritualitas bukanlah hal yang statis, melainkan berkembang mengikuti manusianya yang dinamis, begitupun ketika memaknai ajaran spiritualitas Islam. Pesan ini dikonstruksi oleh Denny JA, juga dengan menggunakan praktik postmodernisme, yaitu menggunakan mikronarasi sebagai sudut pandang cerita, ketidakstabilan identitas tokoh: tokoh sentral bahkan diabjeksi dan tidak lagi menjadi penting dan juga penggunaan tokoh anonim, alur cerita yang sangat bebas dan tidak lagi terstruktur seperti pada sastra modern. Kedua, bahwa Denny JA sedang menggambarkan Islam dari ormasnya yang searah dengan kemunculan fenomena penggemar, melakukan segalanya bukan demi Islam, namun demi tokoh intelektual Islam yang diidolakannya. Ketiga, bahwa wacana indonesia tanpa diskriminasi hanyalah tematik untuk menciptakan kapitalisme baru yakni sebagai intelektualpreneur dalam industri kreatif. Ini terlihat dari cara Denny JA mempopulerkan tulisan puisi esainya dengan mentranformasinya ke dalam medium lain, yakni film, naskah teater, musikalisasi puisi, dll.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:30
Last Modified: 27 Sep 2016 07:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32571

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo