Pribadi, Cipta Surya (2016) Pemaknaan Unsur Bullying Pada Tayangan Animasi (Analisis Resepsi Pada Penonton Tayangan Animasi Larva). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-ciptasurya-43676-1-pendahul-n.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-ciptasurya-43676-2-babi.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pemaknaan audiens terhadap unsur bullying yang ada dalam tayangan animasi Larva. Animasi Larva ialah sebuah serial animasi buatan Korea tanpa dialog yang bercerita tentang kehidupan 2 ekor larva yang bersahabat di selokan bersama teman-temannya. Latar belakang pemilihan tayangan animasi Larva ialah banyaknya unsur bullying yang terdapat di dalam adegan di tiap episodenya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis resepsi. Yaitu dimana data yang digunakan ialah berasal dari opini atau penerimaan responden yang sudah ditentukan oleh peneliti. Peneliti telah memilih 2 episode yang digunakan sebagai sample objek penelitian, dimana dalam tiap episode telah dibagi menjadi 4 scene dengan beberapa adegan di dalamnya. Untuk pemilihan responden, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu peneliti juga menemukan 3 kategori pemaknaan responden terhadap unsur bullying dalam tayangan animasi Larva. Yang pertama ialah audiens yang termasuk dalam kategori dominant, yaitu dimana audiens sejalan dengan kode-kode yang disampaikan oleh objek penelitian. Yang kedua dimana audiens termasuk dalam kategori negosiasi, yaitu dimana audiens sejalan dengan kode-kode yang disampaikan oleh objek penelitian, namun mereka juga memodifikasinya sesuai dengan pendapat mereka masing-masing. Yang ketiga dimana audiens termasuk dalam kategori oposisi, yaitu dimana audiens tidak sejalan atau menolak dengan kode-kode yang disampaikan oleh objek penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini ialah tayangan animasi Larva yang bersegmentasi pada semua kalangan usia merupakan tayangan yang mengandung banyak unsur bullying dalam setiap episodenya. Audiens sebagai penikmat tayangan ini mampu memaknai unsur bullying dengan didasari pemahaman, penerimaan serta penilaian dari diri masing-masing audiens. Dari pemaknaan audiens tersebut dapat dikategorisasikan dalam kelompok dominant, negosiasi, dan oposisi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201) |
Depositing User: | Ida Fitriani Noor |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:10 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:10 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |