UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS (Studi Pada Pengurus Civitas Bola Basket Muhammadiyah Periode Kepengurusan 2014 – 2015).

Cahyadi, Danang Dwi (2016) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS (Studi Pada Pengurus Civitas Bola Basket Muhammadiyah Periode Kepengurusan 2014 – 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-danangdwic-43677-1-pendahul-n.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-danangdwic-43677-2-babi.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Pada setiap event yang diadakan, Civitas Bola Basket Muhammadiyah sering kali kesusahan dalam mengumpulkan pengurus-pengurusnya baik untuk rapat maupun melaksanakan event. Semakin lama semakin sedikit yang tetap aktif hingga menjadi pantia dari event tersebut. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti pola komunikasi organisasi yang terjadi didalam organisasi tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang terjadi didalam organisasi guna meningkatkan loyalitas setiap pengurusnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif dan dasar studi lapang. Seluruh pengurus CIBBM sebanyak 35 orang menjadi subjek penelitian dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Interaktif dari Miles dan Huberman (reduksi, penyajian data, dan kesimpulan) dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapat adalah sangat jarang terjadi komunikasi formal. Hal ini dibuktikan dari pernyataan pengurus bahwa mereka yang mempunyai jabatan dibawah seorang koordinator divisi, bisa langsung melakukan komunikasi ke ketua umumnya langsung ataupun ke pengurus inti. Beberapa pengurus yang tidak menyampaikan pendapatnya dalam forum rapat, lebih memilih menyampaikannya langsung kepada ketua umum sesudah rapat selesai. Meskipun ketua umum menjadi pusat dari semua informasi dan komunikasi yang terjadi di organisasi, namun pola komunikasi dengan struktur semua saluran menjadi pola yang dipakai karena semua pengurus bisa langsung berkomunikasi dengan ketua umum atau dengan pengurus inti lainnya. Loyalitas pengurus CIBBM tercipta karena kenyamanan, persaudaraan, rasa kekeluargaan sesama pengurus, tanggung jawab yang masih harus diselesaikan, rasa cinta terhadap basket, cinta lokasi, dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama. Hal seperti ini bisa terbentuk dan dirasakan pengurus karena selain aktif di organisasi dan event, di luar waktu organisasi juga mereka masih menyempatkan untuk nongkrong bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:07
Last Modified: 27 Sep 2016 07:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32567

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo