UMM Institutional Repository

Makna Wanita Cantik Dalam Iklan Kosmetik Wardah Versi "Kisah di Balik Cantik Jatuh Hati" (Studi Resepsi pada Hijabers Sister Community Malang).

Setya A, Diyah Asti (2016) Makna Wanita Cantik Dalam Iklan Kosmetik Wardah Versi "Kisah di Balik Cantik Jatuh Hati" (Studi Resepsi pada Hijabers Sister Community Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyahastis-43679-1-pendahul-n.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diyahastis-43679-2-babi.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai makna wanita cantik yang ada pada iklan wardah versi "kisah dibalik cantik jatuh hati" yang dilakukan oleh Hijaber Sister Community. Dimana iklan ini terdapat banyak makna pesan yang ingin disampaikan oleh sejumlah tanda-tanda atau simbol yang ada pada iklan. Peneliti menarik rumusan masalah yaitu bagaimana makna cantik dalam iklan kosmetik Wardah versi kisah dibalik cantik jatuh Hati menurut Hijaber Sister Community. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yang ada, yaitu untuk mengetahui makna wanita cantik dalam iklan kosmetik Wardah versi dibalik cantik jatuh hati menurut Hijaber Sister community. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian dilakukan pada tanggal 30 - 04 November 2015 di jln.Margo Basuki No.52 A Malang, dengan menggunakan metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil adalah lima orang yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya. Dimana ke lima orang tersebut diambil dengan cara purposive sampling, dengan kriteria anggota Hijaber Sister Community yang masih aktif, yang mengetahui iklan kosmetik Wardah, yang memperhatikan iklan kosmetik Wardah, dan yang bersedia terlibat untuk wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemaknaan khalayak terdapat makna cantik berbeda-beda. Pada kategori dominant hegemony reading, khalayak menilai bahwa penampilan endorser yang ditampilkan dalam iklan menunjukkan sisi cantik dari seorang wanita secara fisik baik bentuk tubuh, cara berbicara serta bersikap, dan cara berpakaian. Sedangkan khalayak pada kategori negotiated reading sependapat dengan nilai yang dibangun oleh pembuat iklan bahwa wanita cantik memiliki ciri-ciri seperti yang ada dalam visualisasi yang ada dalam iklan. Namun disisi lain, menilai bahwa ada sisi cantik yang tidak ada dalam endorser iklan itu seperti cantik yang ada dalam penilaiannya. Dan khalayak pada kategori oppositional reading tidak sependapat dengan nilai cantik yang dibangun oleh pembuat iklan melalui endorser karena ia memiliki segi penilaian yang berbeda dengan yang ditawarkan oleh pembuat iklan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:00
Last Modified: 08 Feb 2018 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32565

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo