UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU LEMBAGA PELATIHAN PROFESI (LPP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA (STUDI PADA DIVISI PEMASARAN LPP SEKAR GEGANI KOTA MALANG).

PRAKOSO, YUDITYA DWI (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU LEMBAGA PELATIHAN PROFESI (LPP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA (STUDI PADA DIVISI PEMASARAN LPP SEKAR GEGANI KOTA MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudityadwi-43741-1-pendahul-n.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudityadwi-43741-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Sebagai kota pendidikan, Kota Malang terdapat banyak lembaga- pendidikan baik milik pemerintah maupun swasta. Oleh karena itu sebagai lembaga pelatiha profesi (LPP) yang artinya salah satu bentuk satuan pendidikan nonformal yang diselenggarakan oleh pihak tertentu yang ditujukan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu LPP SEKAR GEGANI perlu adanya kegiatan-kegiatan promosi yang intensif yaitu melalui kegiatan komunikasi pemasaran. Dalam penerapannya strategi komunikasi dalam pemasaran bertujuan untuk menarik minat konsumen, meningkatkan penjualan dan menciptakan citra yang baik di mata masyarakat. Komunikasi pemasaran merupakan pendorong untuk meningkatkan penjualan hingga tujuan lembaga dapat tercapai. Pengetahuan mengenai komunikasi menjadi penting bagi lembaga pada saat dihadapkan pada suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh divisi pemasaran LPP SEKAR GEGANI Kota Malang dalam upaya meningkatkan jumlah siswa. Teori yang digunakan oleh sekar gegani adalah teori Komunikasi pemasaran Terpadu / IMC. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan total sampling. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber yang memanfaatkan jenis sumber data yang berbeda-beda untuk menggali data sejenis. Untuk teknik analisa data pada penelitian ini mengacu pada pendapat Miles dan Hubberman yaitu melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh divisi pemasaran LPP SEKAR GEGANI Kota Malang dalam upaya meningkatkan jumlah siswa sebagai berikut: (1)Jenis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan adalah (a)Personal Selling yaitu dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah yang berada di daerah-daerah untuk melakukan presentasi, mengadakan selsksi lokal, (b)Promotion memasang iklan, dan menyebarkannya, (c)Sales Promotion dengan mengikuti kegiatan pameran, (d)Public Relation dengan beberapa pihak,(d) Marketing event yaitu dengan mengadakan acara tahunan “Duta Sekar Gegani” yang bertujuan selain promosi dan juga merupakan bagian dari kegiatan pembentukan citra baik di mata masyarakat. (2) Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi pemasaran adalah seluruh staf yang ada di divisi pemasaran sekar gegani. (3) Adapun faktor penghambat pada saat pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran adalah birokrasi dengan pihak sekolah dan banyaknya pesaing. Dan dapat disimpulkan bahwa dari strategi komunikasi pemasaran yang digunakan divisi pemasaran LPP SEKAR GEGANI Kota Malang terbukti mampu meningkatkan jumlah siswa, hal tersebut dapat dilihat dari grafik jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:39
Last Modified: 26 Sep 2016 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32562

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo