UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN AUDIENS TENTANG REALITY SHOW 86 DI NET. TV (Studi Resepsi Pada Warga RW 02 di Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang)

Kinanti, Vanda Anggun (2016) PEMAKNAAN AUDIENS TENTANG REALITY SHOW 86 DI NET. TV (Studi Resepsi Pada Warga RW 02 di Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vandaanggu-43742-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vandaanggu-43742-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Banyaknya stasiun televisi berarti banyak juga persaingan program acara televisi yang ditayangkan di setiap stasiun-stasiun televisi. Stasiun televisi tentu juga harus bersaing membuat dan meningkatkan program siarannya. Kondisi inilah yang memicu sehingga di industri media televisi harus lebih bekerja keras dalam membuat suatu program yang kreatif dan inovatif, sehingga memiliki daya tarik yang tinggi terhadap audiensnya. Konsumsi media saat ini sungguh diminati, karena masyarakat yang menjadi pemirsa televisi sangat membutuhkan informasi, pendidikan dan hiburan. 86 merupakan salah satu tayangan reality show yang tidak hanya memberikan informasi namun mengedukasi pemirsa tentang peran dan pekerjaan keseharian polisi yang selama ini sering kali menjadi pertanyaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan audiens tentang reality show 86 di Net TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe deskriptif dengan menggunakan metode studi resepsi (Reception Studies). Subyek dalam penelitian ini adalah warga RW 02 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, sehingga memperoleh 7 subyek penelitian berlatar belakang berbeda dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Peneliti menggunakan focus group discussion (FGD) dalam teknik pengumpulan data. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Peneliti menguji keabsahan datanya dengan memilih triangulasi sumber. Dari hasil FGD ditemukan, pada dominant hegemonic position semua subyek memaknai tayangan reality show 86 dikemas menarik dengan konsep berbeda untuk menambah pengetahuan karena tayangan yang disampaikan tidak hanya bersifat menghibur tetapi juga mendidik dan memberikan kesadaran kepada subyek untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Dalam negotiated position perbedaan subyek menilai kualitas acara reality show ini sudah bagus, namun masih ada program acara lain yang lebih unggul dibandingkan dengan reality show ini. Sedangkan pada Oppositional position subjek berseberangan atau tidak setuju dengan apa yang ingin disampaikan pada jam tayang yang terlalu malam kurang sesuai dengan tujuan tayangan ini. Kesimpulan yang didapatkan setelah melakukan penelitian ini adalah khalayak memberikan pemaknaan yang berbeda-beda terhadap tayangan yang mereka tonton. Ada yang sangat setuju, ada pula yang tidak setuju dengan yang disampaikan tayangan tersebut namun mempunyai pandangan tersendiri dari manfaat tayangan yang mereka peroleh. Pembentukan pemahaman dan pemaknaan subyek berkaitan erat dengan pengalaman mereka menonton acara ini. Maka dari itu masyarakat handaknya menjadi penonton yang aktif dan berperan kritis dalam menerima tayangan yang ada pada televisi saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:34
Last Modified: 26 Sep 2016 04:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32561

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo