UMM Institutional Repository

AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA MASSA (Studi Deskriptif di PT.Toyota Astra Motor Jakarta)

Rahmawati, Fitria Rizky (2016) AKTIVITAS PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA MASSA (Studi Deskriptif di PT.Toyota Astra Motor Jakarta). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriarizk-43744-1-1._cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriarizk-43744-2-bab_i.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Media massa atau pers memiliki kekuatan untuk mempengaruhi opini khalayak dan menimbulkan citra positif atau negatif pihak-pihak yang diberitakannya.karena peran media massa yang besar bagi keberlangsungan suatu institusi, tidak selayaknya lagi ada institusi yang menutup diri dari media massa. Dengan memahami prinsip-prinsip hubungan media massa akan berdampak sangat positif sebab di era keterbukaan, era informasi, mereka yang mampu menguasai informasi dan media massa akan menjadi pemenang dalam persaingan. Setiap institusi perlu mengoptimalkan fungsi dan peran public relations nya dalam membina hubungan baik dengan media massa, agar tidak menjadi sasaran tembak media massa tetapi mampu memanfaatkan media massa untuk membangun reputasinya. Melalui berbagai aktivitas media relations yang terencana, hubungan baik dengan media massa akan terjalin dengan baik dan menguntungkan kedua belah pihak. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana informasi atau data yang dikumpulkan serta dideskripsikan berdasarkan ungkapan atau pernyaaan para informan yang sebelumnya telah ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Alasan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif adalah untuk mengetahui data-data dengan memahami fenomena penelitian sebelumnya dan yang dialami oleh para informan, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui aktivitas media relations PT. Toyota Astra Motor dalam menjaga hubungan baiknya dengan media massa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan triangulasi sumber dimana setelah peneliti melakukan wawancara dengan salah satu informan maka peneliti juga melakukan wawancara dengan informan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan bahwasannya praktisi public relations sudah melakukan tahapan dalam menjaga hubungan baik dengan media massa dengan baik. Aktivitas media relations yang dilakukan PT.Toyota Astra Motor dengan beberapa kegiatan yang dilakukan secara terencana baik itu secara formal atau informal. Kegiatan yang dilakukan antara lain press relese, press conference, media tour dan media visit. Selain itu juga ada kegiatan end year gathering yang mana semua kegiatan yang diadakan melibatkan media massa (instutusi dan wartawan).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:27
Last Modified: 26 Sep 2016 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32559

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo