UMM Institutional Repository

PROMOSI MELALUI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMBANGUN IDENTITAS MEREK DAGANG Studi Deskriptif Kualitatif Pada PT. Amnies Indonesia

Ervian, Fredo Rizki (2016) PROMOSI MELALUI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MEMBANGUN IDENTITAS MEREK DAGANG Studi Deskriptif Kualitatif Pada PT. Amnies Indonesia. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fredorizki-43745-1-skripsi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fredorizki-43745-2-babi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris yang mayoritas rakyatnya hidup dengan berkerja sebagai petani, maka dapat dipastikan produk yang sangat dibutuhkan disemua komoditi pertanian adalah pupuk. Salah satu perusahaan pupuk di Provinsi Jawa Timur yang memproduksi pupuk alternatif (organik) adalah PT. Amnies Indonesia dengan merek dagang pupuk “King Bull”. Resmi terdaftar sebagai Perseroan Terbatas (PT) pada tahun 2012. Membangun identitas sebuah merek dibutuhkan penciptaan merek yang unik dan kuat. Butuh waktu yang lama agar merek produk perusahaan dapat tertanam dengan baik di benak konsumen. Banyak kendala yang dihadapi oleh perusahaan dalam upaya membangun sebuah identitas merek. Atas dasar itu maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi promosi melalui bauran komunikasi pemasaran di PT. Amnies Indonesia dalam upaya membangun identitas merek dagang. Adapun penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menggambarkan strategi promosi melalui bauran komunikasi pemasaran di PT. Amnies Indonesia dalam upaya membangun identitas merek dagang. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori bauran komunikasi pemasaran (Marketing Communications Mix) yang merupakan paduan spesifik hubungan masyarakat, iklan, promosi penjualan, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dasar penelitian adalah studi kasus. Peneliti juga mengunakan teknik pengambilan subyek penelitian dengan cara purposive sampling untuk menentukan sampel dengan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam mengambil informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa upaya yang dilakukan oleh divisi Accounting and Executive Marketing dibantu dengan operasional produksi dengan melakukan kegiatan perencanaan strategi promosi melalui alat-alat pemasaran, yaitu : Periklanan : Banner dan spanduk, Promosi penjualan : Premi, sample dan trade show, Humas & publisitas : public affair activities, Penjualan personal : face to face dan word of mouth, Penjualan langsung : telemarketing, penyebaran brosur. Strategi yang dilakukan perusahaan adalah Push strategy . Hal tersebut didasarkan pada kegiatan melalui promosi penjualan, penjualan personal dan penjualan langsung lebih dominan. Program promosi di tangani oleh satu divisi dibantu dengan opersional produksi agar pesan yang akan disampaikan ke audiens bisa terarah sehinga audiens tidak mengalami kebingungan. Saran akademis yang diberikan adalah kepada peneliti selanjutnya agar menggali lebih dalam soal wawancara dilapangan sehingga sumber data yang didapat benar-benar akurat dan bagi penelit selanjutnya agar menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif . Saran praktis yang diberikan adalah mengoptimalkan iklan pada televisi lokal, iklan di radio lokal yang mempuyai segmentasi khusus untuk golongan menegah atau menengah ke bawah, evaluasi dilakukan pada setiap alat promosi yang digunakan dan melakukan CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai salah satu bentuk rencana program promosi humas dan publisitas dalam membangun citra perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:24
Last Modified: 26 Sep 2016 04:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32558

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo