UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN SITUS INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF DI KALANGAN KAUM GAY (Studi Pada Pengguna Situs gayindonesia.net di Kota Malang)

Mayfuri, Fandy Akhmad (2016) PEMANFAATAN SITUS INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF DI KALANGAN KAUM GAY (Studi Pada Pengguna Situs gayindonesia.net di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fandyakhma-43747-1-pendahul-n.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fandyakhma-43747-2-babi.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

Keberadaan komunitas gay mulai berkembang di internet dan dapat ditemukan di berbagai situs di internet. Salah satu website khusus komunitas gay ber Bahasa Indonesia yaitu gayindonesia.net atau lebih dikenal dengan Gay Indonesia Forum (GIF). Berbagai macam fasilitas pada GIF salah satunya menjadi media komunikasi, membuat membernya yang notabene kaum gay merasa berguna karena seluruh orang-orang yang berada pada forum tersebut memiliki orientasi yang sama (gay). Kemudian tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan situs internet dalam konteks situs gayindonesia.net oleh kaum gay sebagai media komunikasi interaktif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori new media atau media baru mengacu pada bagaimana situs atau media ini digunakan oleh kaum gay. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek penelitian diambil melalui teknik snowball sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber untuk keabsahan data penelitian. Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil jika dengan pemanfaatan situs gayindonesia.net oleh kaum gay sebagai media komunikasi interaktif adalah dapat memecahkan masalah-masalah yang terjadi pada kaum gay seperti keterbukaan diri sebagai gay di masyarakat, menekan stress, dan masalah mencurahkan perasaanya. Kaum gay merasa aman dan nyaman berkutat pada lingkup dimana orang didalamnya mempunyai persamaan dengan dirinya yaitu gay. Kemudian gayindonesia.net sukses sebagai media komunikasi interaktif di kalangan kaum gay melihat proses komunikasi yang terjalin diantara mereka dalam situs tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:18
Last Modified: 26 Sep 2016 04:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32556

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo