UMM Institutional Repository

Komodifikasi Kelompok Marginal Dalam Tayangan Reality Show "Orang Pinggiran"Di Stasiun Televisi Swasta Trans 7 edisi Kerinduan Seorang Ibu Pada Tanggal 8 Juli 2015 (sebuah analisis wacana kritis)

Rizki, Dwi Noviana (2016) Komodifikasi Kelompok Marginal Dalam Tayangan Reality Show "Orang Pinggiran"Di Stasiun Televisi Swasta Trans 7 edisi Kerinduan Seorang Ibu Pada Tanggal 8 Juli 2015 (sebuah analisis wacana kritis). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwinoviana-43749-1-pendahul-n.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwinoviana-43749-2-babi.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Tayangan Reality Show merupakan sebuah media hiburan yang tengah berkembang di sebuah stasiun televisi swasta. Namun dalam tayangan reality show akhir-akhir ini telah banyak mengandung komodifikasi masyarakat-masyarakat yang kurang beruntung untuk di explor ke media guna masyarakat mampu mensyukuri sebuah kehidupan. Reality show yang awalnya sebagai media hiburan kini malah terkesan mencari sebuah keuntungan dalam memproduksi masyarakat-masyarakat kurang beruntung. Oleh karena inilah peneliti ingin menganalisis bagaimana komodifikasi kelompok marginal dalam tayangan reality show. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mnggunakan paradigma kritis yaitu suatu metode yang berhubungan dengan masyarakat dan kekuasaan atas segelintir pengusaha untuk mengeluarkan biaya yang sangat sedikit dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tayangan reality show mengkomodifikasi hendak ditelaah lebih jauh melalui deskriptif kualitatif dengan metode analisis wacana kritis model Vand Dijk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan studi pustaka yang ada ddi dalam youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tayangan Orang Pinggiran Trans 7 direpresentasikan melalui 3 aspek penting dalam Kerinduan Seorang Ibu, yaitu : dalam aspek skematik narasi-narasi yang telah dikomodifikasi mampu membawa penonton untuk merasakan penderitaan dalam kehihudupan Qowiyah, yang mencritakan kehidupan dalam jerat kemiskinan dan masih mempunyai tanggungan dua cucu untuk mencari nafkah, dalam aspek tematik terkait dengan judul menjelaskan bahwa kasih sayang ibu tak ada hentinnya walaupun anak-anak telah meninggalkan ibu tanpa ada kabar, aspek retroris telah menggambarkan kehidupan Qowiyah dalam sehari-hari. Dari ke 3 aspek tersebut yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa komodifikasi kelompok marjinal dalam sebuah tayangan yang dikemas dalam sebuah tayangan reality show merupakan realita kehidupan masyarakat orang pinggiran dengan menceritakan kehidupan sehari-hari dan berkeluh kesah atas yang diderita oleh sipelaku sehingga menimbulkan sisi negatif dalam acara tersebut. reality show yang merupakan media hiburan menjadi beralih fungsi sebagai tontonan yang menyedihkan, yang akan nantinya dijual guna mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 04:15
Last Modified: 05 Feb 2018 09:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32555

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo