UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PUBLIC RELATIONS DALAM MANAGEMENT EVENT (Studi Pada Event Legend of Blues di Malang Blues Community)

Ahaddian, Mario Rizky (2016) IMPLEMENTASI PUBLIC RELATIONS DALAM MANAGEMENT EVENT (Studi Pada Event Legend of Blues di Malang Blues Community). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mariorizky-43757-1-pendahul-n.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mariorizky-43757-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Implementasi merupakan proses melaksanakan ide, proses atau seperangkat aktivitas baru dengan harapan orang lain dapat menerima dan melakukan penyesuaian demi terciptanya suatu tujuan yang bisa tercapai. Public Relations merupakan interaksi menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan merupakan profesi yang professional dalam bidangnya karena merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan organisasi dengan secara tepat dan terus karena public relations merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan. Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari berbagai organisme dalam berbagai lingkungannya, Public Relations merupakan bagian yang penting bagi sebuah komunitas dimana Public Relations merupakan suatu organisasi dengan informasi manajemen yang diharapkan. Dalam hal ini Malang Blues Communiy sebagai komunitas memiliki event Legend Of Blues yang diselenggarakan setiap bulannya. Event adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh sebuah perusahaan, kegiatannya meliputi pameran, pertunjukkan atau festival. Pelaksanaan event mempunyai peranan yang kuat untuk membantu praktisi PR dalam management event. Terlebih untuk komunitas perlu diadakan event yang berbeda dengan komunitas lainnya sehingga mampu mempertahankan eksistensi dari suatu komunitas tertentu, yakni Malang Blues Community. Melihat situasi tersebut, PR Malang Blues Community menyadari bahwa pembuatan suatu event dalam sebuah komunitas sangatlah penting.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi PR dalam Management Event. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif dengan metode wawancara dengan 4 informan 2 diantaranya PublicRelations. Dalam hal ini event nya dalah Legend Of Blues yang diselenggarakan rutin sekali dalam sebulan. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai Implementasi Public Relations dalam Management Event adalah PR merupakan pihak yang dominan dan menangani sagala hal mulai dari perencanaan, pengorganisasian kepanitiaan, menjalin hubungan dengan media, menjalin hubungan dengan sponsor dan yang menangani masalah budgeting sekalipun. Kesimpulan Implementasi Public relations Dalam Management Event, Event Legend Of Blues merupakan bentuk pengaplikasian Ilmu-Ilmu Public Relations karena dalam Event Legend Of Blues terdapat konsep, manejarial, promosi, budgeting, terjalinnya hubungan yang baik dengan pihak media baik cetak maupun elektronik, media lokal maupun nasional, terjalinnya hubungan internal yang baik antar sesama anggota, serta terjalinnya hubungan yang baik dengan sesama komunitas di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:49
Last Modified: 26 Sep 2016 03:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32553

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo