UMM Institutional Repository

Kekerasan Verbal Pada Acara Ini Talkshow Di NET TV (Analisis Isi Pada Episode Tanggal 18-22 Mei 2015)

Yosofa, Octama Trio (2016) Kekerasan Verbal Pada Acara Ini Talkshow Di NET TV (Analisis Isi Pada Episode Tanggal 18-22 Mei 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-octamatrio-43759-1-pendahul-n.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-octamatrio-43759-2-babi.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Talk show sudah menjadi bagian acara televisi kita semenjak lama. Terbukti tiap tahun ada saja acara bincang-bincang di televisi yang muncul di layar kaca. Tak bisa dipungkiri, acara talk show ini telah memiliki penonton tersendiri yang lebih menikmati dialog-dialog inspiratif dari tokoh yang dapat menginspirasi dari pada sekedar menyaksikan berjam-jam sinetron yang penuh drama tak berkesudahan yang kadang membuat pusing penontonnya. Kekerasan verbal apa saja yang muncul dalam acara “Ini Talk Show” edisi tanggal 18-22 Mei 2015. Untuk mengengetahui apakah dalam acara “Ini Talk Show” benar-benar ada unsur kekerasan verbalnya. Pendekatan Teori Agenda Setting sedangkan audiens atau khalayak tidak punya banyak waktu untuk mencerna bahasa secara tekstual. Khalayak butuh sesuatu yang praktis dan detail dapat diserap oleh kemampuan kognisi dan afeksi mereka dengan bahasa sehari-hari yang akrab dengan khalayak. Dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif, yakni penelitian secara sistematis melukiskan fakta atau bidang tertentu secara factual dan cermat. Dalam penelitian ini menggunakan dasar penelitian analisis isi (content analysis). Analisis isi dipakai penelitian guna membuat kesimpulan dengan mengidentifikasi secara sistematik dan objektif karakteristik-karakteristik khusus dalam sebuah teks. Berdasarkan dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kekerasan verbal memang terdapat pada acara “Ini Talk Show” yaitu sebanyak 23 kata kekerasan verbal yang muncul dari lima episode tayangan “Ini Talk Show”. Dan kekerasn verbal yang muncul dalam acara “Ini Talk Show” yaitu kekerasan verbal umpatan sebanyak 19 kali, kemudian asosiasi pada binatang sebanyak 2 kali. Selanjutnya ada 1 kali yang menyangkut eufimisme dan 1 kali pada stigmatisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:43
Last Modified: 26 Sep 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32551

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo