UMM Institutional Repository

Ideologi dalam Teks Pidato Presiden Ir. H. Joko Widodo (Analisis Wacana Pidato Politik Pertama Presiden Ir. H. Joko Widodo pada Upacara Pelantikan Presiden)

Tannaqi, Nahdia (2016) Ideologi dalam Teks Pidato Presiden Ir. H. Joko Widodo (Analisis Wacana Pidato Politik Pertama Presiden Ir. H. Joko Widodo pada Upacara Pelantikan Presiden). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nahdiatann-43760-1-pendahul-n.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nahdiatann-43760-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari dari fenomena pilpres di Indonesia pada tahun 2014 yang disebut sebagai pilpres terkotor, terpanas, paling kompetitif dan paling menegangkan dalam sejarah demokrasi politik di Indonesia. Terjadi parade klaim kemenangan oleh kedua pasangan capres-cawapres. Setelah penetapan kemenangan pada pasangan Joko Widodo-Jussuf Kalla oleh KPU, pasangan Prabowo-Hatta mengajukan gugatan ke MK. MK menolak gugatan dan menetapkan kemenangan atas Joko Widodo-Jussuf Kalla dengan perolehan suara 53,15%. Pada akhirnya presiden Ir. H. Joko Widodo dapat dilantik dan membacakan pidato politik pertamanya pada tanggal 20 Oktober 2014. Sebuah pidato mempunyai makna atau maksud dalam setiap pemilihan bahasa, kata, intonasi, maupun gaya bicara. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengungkap makna pesan dibalik teks pidato politik pertama presiden Ir. H. Joko Widodo ditengah-tengah panasnya situasi politik 2014. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori wacana kritis oleh Van Dijk. Dalam teori ini menyebutkan bawa teks dibentuk dalam suatu praktik diskursus, suatu praktik wacana. Wacana oleh van Dijk digambarkan mempunyai tiga dimensi/struktur, teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Tujuannya adalah untuk analisa secara kritis bagaimana suatu teks diproduksi secara sistematis dalam tulisan, dengan kognisi sosial apa saja (misalnya perilaku dan ideologi) yang mengontrol wacana, serta fungsi-fungsi sosial dan politis yang terkandung dalam wacana teks. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis wacana dengan pendekatan kualitatif dan tipe interpretatif. Analisis data menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk, yang mana makna teks dalam hal ini adalah ideologi dapat tergambar dengan menganalisa teks dari tiga dimensi/struktur, inti dari analisis ini adalah menghubungkan wacana dari tiga dimensi tersebut. Sementara pada dimensi teks, analisis terdiri atas beberapa struktur yang saling mendukung, yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Objek yang dikaji adalah teks pidato presiden Ir. H. Joko Widodo saat upacara pelantikan presiden pada tanggal 20 Oktober 2014. Dari analisis wacana secara kritis, ditemukan bahwa dalam teks tersirat makna yang berupa ideologi dengan nilai-nilai persatuan, kerja keras, dan gotong royong. Makna tersebut tergambar dalam struktur makro atau tematik yang didukung superstruktur dan struktur mikro. Presiden Joko Widodo memahami dan memandang peristiwa sosial pada saat itu dipengaruhi oleh pengalaman dan sosialisasinya dari nilai-nilai dan kepercayaan yang dianut partai PDIP sebagai latar belakang beliau, yakni nilai ideologi dengan konsep Trisakti. Ideologi tersebut realistis dengan konteks sosial yang terjadi saat itu, yakni sebagai alat untuk memperoleh kekuasaan politik agar mendapat dukungan dari seluruh masyarakat dan parlemen yang sebagian besar diduduki oleh pihak oposisi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:40
Last Modified: 26 Sep 2016 03:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32550

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo