UMM Institutional Repository

Hubungan Antara Terpaan Berita Kriminal di Televisi Dengan Kewaspadaan Masyarakat. (Studi pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Tasikmadu RT 20-21 RW 03 Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek Tentang Berita Patroli di Indosiar)

Rodian, Rofik (2016) Hubungan Antara Terpaan Berita Kriminal di Televisi Dengan Kewaspadaan Masyarakat. (Studi pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Tasikmadu RT 20-21 RW 03 Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek Tentang Berita Patroli di Indosiar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rofikrodia-43794-1-pendahul-n.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rofikrodia-43794-2-babi.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara terpaan berita kriminal Patroli di Indosiar dengan kewaspadaan Masyarakat. Tayangan berita kriminal yang menampilkan kejadian kekerasan secara jelas dan vulgar mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Hal ini dapat terlihat dengan hadirnya program berita kriminal Patroli di Indosiar yang selama ini masih tayang setiap hari. Berita kriminal Patroli ini tayang dihadapan pemirsa televisi setiap hari dan menyajikan suguhan berita terkait kejadian tindak kriminal guna memberikan sikap waspada kepada masyarakat. Pendekatan teori dalam penelitian ini adalah Teori Kultivasi dikembangkan sebagai salah satu cara untuk menjelaskan pengaruh televisi terhadap masyarakat. Beberapa riset komunikasi massa menunjukkan dampak media massa terhadap masyarakat salah satunya televisi adalah Teori Kultivasi atau Cultivation yang menjelaskan tentang dampak menyaksikan televisi meliputi persepsi, sikap, dan nilai-nilai. Peneliti menggunakan metode kuantitatif tipe asosiatif dengan dasar survey. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini uji koefisien Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dimana perhitungan yang didapat bahwa nilai r hitung sebesar (0.755) lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel (0.312) dengan p-value 0.000. Nilai p-value yang lebih kecil dari alpha 0.05. yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara terpaan tayangan berita kriminal Patroli dengan kewaspadaan Ibu-Ibu RT 20-21 Rw 03 Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten. Tingkat keeratan korelasi terpaan tayangan berita kriminal Patroli di Indosiar terhadap tingkat kewaspadaan berada pada interval 0,60-0,799 menunjukkan kategori tingkat yang kuat, artinya bahwa terpaan tayangan berita kriminal Patroli di Indosiar yang meningkat akan secara meningkatkan sikap kewaspadaan Ibu-ibu Rt 20-21 Rw 03 Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Kesimpulannya adalah bahwa terdapat habungan signifikan antara terpaan tayangan berita kriminal televisi dengan kewaspadaan Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Tasikmadu RT 20-21 RW 03 Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek terhadap Berita Patroli di Indosiar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:26
Last Modified: 26 Sep 2016 03:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32546

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo