UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK SEPATU BATA (Studi Pada Toko Sepatu Bata di Malang Town Square)

Erfianto, Noverdy (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK SEPATU BATA (Studi Pada Toko Sepatu Bata di Malang Town Square). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noverdyerf-43751-1-pendahul-x.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noverdyerf-43751-2-babi.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran adalah usaha untuk menyampaikan pesan kepada public terutama konsumen sasaran mengenai keberadaan produk di pasar dan memusatkan perhatian pada produk atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Perkembangan dan sitem perekonomian semakin maju, hal ini mengakibatkan persaingan yang sangat ketat di dunia usaha. Untuk bisa bertahan dan berkembang didalam menghadapi persaingan yang semakin kuat PT. Sepatu Bata Tbk. harus menjaga pelayanan agar tetap baik dan mengkomunikasikan produk dengan tepat sehingga memunculkan peluang bagi perusahaan untuk berkembang, mengungguli para pesaingnya dan juga dapat memaksimalkan dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah: “Untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemasaran produk sepatu bata (Studi Pada Toko Sepatu Bata di Malang Town Square)”. Jenis penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif yang akan memaparkan mengenai strategi komunikasi komunikasi yang digunakan PT. Sepatu Bata Tbk. dalam menarik konsumennya. Peneliti disini bertindak sebagai pengamat, penelitihanya membuat kategori perilaku, mengamati gejala, dan mencatat dalam buku observasinya. Strategi promosi yang dilakukan oleh Manager Bata di Malang Town Square meliputi pengumpulan produk, sharing dan pembekalan terhadap strategi komunikasi pemasaran, pendekatan terhadap media kepada pembeli serta pelanggan dan pembuatan. Dari beberapa strategi promosi yang dilakukan oleh Manager Bata di Bata Malang Town Square, diketahui bahwa strategi mengenai pendekatan melalui media sosial merupakan strategi yang seringkali digunakan untuk mempromosikan produk dan menjalin kerjasama dengan calon pembeli. Pola Komunikasi pemasaran yang dikembangkan oleh Manager Bata di Malang Town Square dan karyawan Bata dalam pengembangan usaha Bata beserta produknya adalah memahami pola komunikasi yang akan disampaikan melalui pesan searah dari seseorang (atau seorang karyawan) kepada seorang/sekelompok orang lainnya, baik secara langsung (tatap muka) atau melalui media merupakan penggunaan pola komunikasi terhadap para relasi atau kolega kerja yang terjalin melalui pendekatan sosial. Data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Manager Bata di Malang Town Square yaitu Junaidi Sholih sebagai key informan dan dua orang narasumber karyawan, seorang informan sekaligus untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keempat strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Bata di Malang Town Square dalam meningkatkan konsumennya adalah dengan promotion (promosi) dimana hasil ini didapat peneliti berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan tiga informan yang berada di Bata di Malang Town Square.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:22
Last Modified: 26 Sep 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32545

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo