UMM Institutional Repository

PERAN COMPAIGN OFFICER ORGANISASI SOSIAL DALAM MENJALANKAN PUBLISITAS DI INTERNET ATAU CYBER PUBLIC RELATIONS (Studi pada Protection of Forest & Fauna atau PROFAUNA Malang)

SARI, ATIKA (2016) PERAN COMPAIGN OFFICER ORGANISASI SOSIAL DALAM MENJALANKAN PUBLISITAS DI INTERNET ATAU CYBER PUBLIC RELATIONS (Studi pada Protection of Forest & Fauna atau PROFAUNA Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-atikasari-44034-1-pendahul-n.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-atikasari-44034-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Protection of Forest & Fauna atau disingkat PROFAUNA ialah sebuah organisasi sosial yang bergerak di bidang perlindungan hutan dan satwa liar dengan kegiatan utamanya yaitu kampanye, pendidikan, investigasi, advokasi dan pendampingan masyarakat. PROFAUNA memiliki ribuan anggota yang tersebar di Indonesia serta memiliki banyak jaringan di luar negeri. Selama ini PROFAUNA menggunakan media internet khususnya website (www.profauna.net) dan e-mail (profauna@profauna.net) sebagai sarana komunikasi dan publisitas kepada publiknya. Kegiatan publisitas di atas di kenal dengan istilah cyber public relations, yaitu suatu kegiatan public relations yang menggunakan media internet sebagai sarana publisitasnya (Onggo, 2004). Namun di sisi lain dalam menjalankan publisitas di internet PROFAUNA kurang mampu memaksimalkan fungsi website sebagai media publisitasnya, terlihat dari tidak adanya publikasi laporan tahunan organisasi sejak tahun 2010, selain itu PROFAUNA juga kurang memanfaatkan fungsi internet sebagai media komunikasi dua arah yang efektif karena tidak adanya ruang komentar dalam website yang tentunya menghalangi pembaca yang akan memberikan tanggapan. Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana sebenarnya peran Compaign officer PROFAUNA dalam menjalankan publisitas di internet. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Compaign officer PROFAUNA dalam menjalankan publisitas di internet. Dalam hal ini peneliti menggunakan teori Disonansi Kognitif yang diciptakan oleh Leon Festinger pada tahun 1957 karena menurut peneliti teori ini memiliki kesesuaian dengan muatan website PROFAUNA. Teori ini berbicara tentang pesan persuasif yang bisa menawarkan solusi yang menjembatani disonansi antara kepercayaan (kognisi) dan perilaku target sasaran persuasi (Kriyantono, 2014). Penelitian ini menggunakan pendekatan dan tipe penelitian kualitatif deskriptif yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Compaign officer PROFAUNA secara sistematis dalam menjalankan publisitas di internet. Subjek penelitian disini ialah orang yang telah memenuhi kriteria subjek penelitian. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknis pengumpulan data melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat di simpulkan bahwa Campaign Officer PROFAUNA lebih berperan sebagai penyedia informasi terkait informasi kegiatan PROFAUNA, info - info serta berita tentang hutan dan satwa liar. Sebagai pengganti ruang komentar pada website PROFAUNA, pihak PROFAUNA menyediakan kontak - kontak yang dapat di hubungi oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya kepada organisasi. Adapun hambatan dalam menjalankan publisitas di internet yaitu kurangnya sumber daya manusia dan gangguan jaringan internet. Berikut saran untuk PROFAUNA agar dapat membuat timetable, organizing dan evaluasi kegiatan publisitas di internet. Untuk saran akademik dapat melakukan penelitian selanjutnya mengenai evaluasi cyber public relations ataupun analisis isi konten cyber public relations.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:17
Last Modified: 26 Sep 2016 03:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32544

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo