UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION) DALAM KEWIRAUSAHAAN BATIK TULIS (Studi Deskriptif Pada Nico Batik di Kota Probolinggo)

Afrylian, Dony (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION) DALAM KEWIRAUSAHAAN BATIK TULIS (Studi Deskriptif Pada Nico Batik di Kota Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-donyafryli-44037-1-pendahul-n.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-donyafryli-44037-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Wirausaha yang mampu untuk mengolah kreatifitas dan inovasi-inovasi untuk mengembangkan usahannya demi menciptakan peluang. Diperlukan strategi yang baik untuk menghasilkan tujuan yang di inginkannya.setiap program atau kegiatan komunikasi pemasaran yang di implementasikan, maka akan muncul efek dari tindakan komunikasi itu (suryana, 2006:2). Berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan bisnis dan juga didalam perusahaan. Fenomena tersebut anatara lain persaingan produk yang semakin gigih, lingkungan komunikasi yang semakin berubah, maka dari fenomena itulah yang harus diperhatikan oleh nico batik agar dapat menyusun strategi dalam menjaga kualitas produk dengan pengembangan strategi yang sudah dilakukan nico batik dalam kewirausahaan batik tulis. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi pemasaran terpadu (Integrated Marketing Communication) atau biasa disebut dengan IMC. Pendekatan ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi metode yang paling tepat dan efektif untuk berkomunikasi dan membangun hubungan dengan pelanggan Peneliti menggunakan metode kualitatif tipe deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data digunakan analisis interaktif Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael. (1992:35), yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memilih penerima pesan sasaran, nico batik melakukan komunikasi face to face dengan pelanggan, khususnya para remaja kota probolinggo. Komunikasi biasanya dilakukan melalui media facebook, instagram, dan Bbm yang di anggap lebih efektif sesuai dengan kriteria pelanggan. Untuk penetapan positioning , produk nico batik relatif lebih mahal karena berorientasi pada kualitas produk yang bertujuan untuk mengutamakan kepuasan pelanggan. Dalam menentukan dan merencanakan media komunikasi melalui reseller dan media online , media massa (TV lokal) dan event seperti halnya fashion show,MPS (morning on panglima sudirman street), dan masuk seleksi DESKRANASDA (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) cabang kota probolinggo Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa nico batik melakukan face to face dengan pelanggan, berpromosi melalui media online, dan terlibat pada acara TV lokal, positioning produk relatif lebih mahal, karena hasil produk sangat diperhatikan demi kepuasan pelanggan, untuk merencanakan strategi nico batik mempunyai cara mengenalkan produknya dengan berbagai media online(facebook,BBM,Instagram, tweeter) dan media massa (dalam mendukung program acara dan terlibat juga dalam acara-acara TV lokal) dan mengikuti event-event fashion show, MPS, dan lolos seleksi DESKRANASDA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:12
Last Modified: 26 Sep 2016 03:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32542

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo