UMM Institutional Repository

Konstruksi Majalah Pria Tentang Pria Metroseksual (Analisis Framing Majalah Mens Health Indonesia Edisi Maret 2015 – Juni 2015)

Pertiwi, Dyah Ayu Muarifah (2016) Konstruksi Majalah Pria Tentang Pria Metroseksual (Analisis Framing Majalah Mens Health Indonesia Edisi Maret 2015 – Juni 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyahayumua-44551-1-pendahul-n.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dyahayumua-44551-2-babi.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Metroseksual merupakan salah satu gaya hidup modern yang berkembang di masyarakat, khususnya masyarakat metropolitan sebagai konsekuensi dari adanya modernisasi, dimana saat ini semakin banyak pria yang menjalani gaya hidup metroseksual tersebut. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah mengenai keberadaan pria metroseksual di masyarakat khususnya media massa. Majalah Men’s Health Indonesia dengan tagline “Pria Aktif Modern” sangat cocok dengan tema penelitian yaitu tentang pria metroseksual. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pria metroseksual dikonstruksikan dalam majalah Men’s Health Indonesia. Konstruksi pada pria metroseksual dalam majalah Men’s Health Indonesia mengarah pada teori hirarki pengaruh. Teori hirarki pengaruh dari Shoemaker dan Reese mempunyai kekuatan yang besar untuk mempengaruhi khalayak yang terjadi pada tiap-tiap level baik dari pengaruh internal maupun eksternal. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian analisis framing. Analisis framing adalah salah satu metode analisis tekstual yang berada dalam kategori penelitian konstruktivis. Pendekatan kualitatif berupaya memahami permasalahan secara mendalam dan konseptual, serta masih menerima subjektivitas peneliti. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Pan dan Kosicki. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti, menunjukkan bahwa adanya fakta yang menunjukkan konstruksi berita majalah Men’s Health Indonesia terhadap pria metroseksual adalah lebih mengarah kepada fashion dan gaya berbusana serta perawatan kulit dan tubuh. Dalam kajian gender, pria metroseksual tergolong dalam gender maskulin yang sifatnya bergeser kea rah feminim, dimana pria metroseksual dianggap sangat mengerti bagaimana merawat tubuhnya. Bahkan dengan fashion, gaya berbusana pria metroseksual akan cenderung menonjol daripada pria pada umumnya. Pemilihan busana dengan material yang nyaman, warna yang terang dan cerah, motif yang bertabrakan, serta aksesoris yang menghiasi tubuhnya dan tentu saja merek-merek terkenal yang harus mereka punya. Hal tersebut membuat para pria metroseksual lebih percaya diri dengan penampilannya dan lebih mampu berbaur dengan lingkungannya yang cenderung kelas menengah atas. Setelah mendapatkan hasil penelitian ini, peneliti mengharapkan kepada media agar memiliki tanggung jawab etika dalam mengemas berita yang dimunculkan sehingga memberikan manfaat positif bagi pembaca, dan kepada khalayak agar lebih kritis dan selektif terhadap media massa, khususnya media cetak dengan membuka kesadaran dan meningkatkan pengetahuan mengenai ideologis media dalam mempengaruhi pandangan, tindakan dan minat pembaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:07
Last Modified: 26 Sep 2016 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32541

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo