UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI KELOMPOK OLEH PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM MENGUBAH SIKAP SOSIAL WARGA BINAAN KELAS I KOTA MALANG (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Petugas Lapas Lowokwaru Kota Malang)

Wijaya, Yustisia Indra (2016) KOMUNIKASI KELOMPOK OLEH PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM MENGUBAH SIKAP SOSIAL WARGA BINAAN KELAS I KOTA MALANG (Studi Deskriptif Kualitatif terhadap Petugas Lapas Lowokwaru Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yustisiain-44552-1-pendahul-n.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yustisiain-44552-2-babi.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Komunikasi kelompok atau antarpribadi juga merupakan salah satu unsur kecil di dalam masyarakat sebagai contoh kecil, jika dalam sebuah masyarakat terdapat komunikasi antar pribadi maka secara tidak langsung akan tercipta sebuah masyarakat yang akan mempunyai iklim di dalam linkungannya. Seperti halnya di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Kota Malang, dimana para petugas mempunyai beberapa program dalam melakukan komunikasi kelompok melalui pembinaan seperti bimbingan yang dilakukan petugas saat melaksanakan tugasnya dengan fungsi masing-masing petugas berupa pembimbingan moral, agama, dan hubungan sosial. Semua program pembinaan yang di buat dan di jalankan oleh para petugas Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Kota Malang ini dengan cara berkomunikasi kelompok. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah komunikasi kelompok yang dilakukan petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam merubah sikap sosial warga binaan Kelas I Kota Malang di Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Kota Malang? Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi kelompok. Wiryanto, 2005, mendefinisikan komunikasi kelompok sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih, dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat. Peneliti menggunakan jenis kualitatif, dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data digunakan analisis interaktif Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael. (1992:35), yang mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi kelompok yang dilakukan petugas Lembaga Pemasyarakatan dalam merubah sikap sosial warga binaan Kelas I Kota Malang di Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Malang adalah melalui kegiatan pendidikan. Selain itu secara formal komunikasi kelompok yang dilakukan Petugas Lapas dalam merubah sikap sosial warga binaan melalui sosialisasi agar dapat mengetahui kepribadian warga binaan dan komunikasi agar lebih terarah. Dengan demikian upaya membina komunikasi yang akrab dengan warga binaan adalah sangat penting seperti melalui berbagai media komunikasi untuk menghibur melalui olaraga dan pengajian rutin. Bentuk nyata dari komunikasi kepada warga binaan adalah dengan mengadakan hiburan untuk menumbuhkan kepercayaan diri dengan memberikan hadiah sabun, semua termasuk dalam semua program binaan begitu juga ditekankan pada pembinaan kesadaran beragama. Walaupun demikian memerlukan waktu yang cukup lama untuk membimbingnya, begitu juga proses psikoterapinya juga lama, karena keluarga tidak ada yang ikut campur atau ikut memperhatikan perkembangan perilaku warga binaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:01
Last Modified: 26 Sep 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32540

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo