UMM Institutional Repository

STRATEGIHUMASPT.PETROKIMIAGRESIKDALAM MELAKUKAN PROGRAM CORPORATESOCIALRESPONSIBILITYGUNA MEMPERTAHANKANCITRAPERUSAHAAN

Rinalhadi M, Dedi (2016) STRATEGIHUMASPT.PETROKIMIAGRESIKDALAM MELAKUKAN PROGRAM CORPORATESOCIALRESPONSIBILITYGUNA MEMPERTAHANKANCITRAPERUSAHAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedirinalh-44558-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedirinalh-44558-2-babi.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peraturan dan undang-undang yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk melakukan program CSR. Hal tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mendapat citra yang positif di masyarakat apabila program CSR tersebut dilakukan dengan melakukan strategi yang cukup baik. Dengan menyusun strategi bagaimana cara mendapatkan nama baik di mata masyarakat, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan non-materi. Peneliti memilih PT.Petrokimia Gresik karena perusahaan telah berdiri lama dan telah mengalami banyak permasalahan, akan tetapi masih bisa bertahan sampai sekarang. Dalam hal ini, tujuam peneliti adalah untuk mengetahui strategi humas dalam melakukan program CSR guna mempertahankan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang berupaya untuk membuat penggambaran, pemaparan, menggali secara utuh dan medalam tentang fenomena sosial yang dikaji, sehingga diperoleh penemuan-penemuan berupa pemahaman, penjelasan dan makna. Subjek penelitiannya adalah petugas humas PT.Petrokimia Gresik. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara yang dilakukan kepada subjek, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yakni melakukan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan memverifikasi. Hasil penelitian ini menemukan strategi-strategi yang digunakan oleh petugas humas dalam mempertahankan citra perusahaan melalui program CSR, yakni dengan melihat kebutuhan masyarakat diwilayah yang sekiranya berpengaruh terhadap kelancaran produksi perusahaan dan melakukan pendekatan secara langsung dengan masyarakat di wilayah tersebut. Dari hasil penelitian ini, diharapkan para petugas humas bisa memanfaatkan peluang dengan melihat kebutuhan masyarakat dan melakukan pendekatan secara langsung, sehingga yang tadinya program CSR adalah sebuah kewajiban yang telah ditetapkan pemerintah bisa menjadi peluang untuk memperoleh ataupun mempertahankan citra pada sebuah perusahaan yang nantinya hal tersebut bisa membantu memperlancar seluruh kegiatan yang ada di perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 02:54
Last Modified: 26 Sep 2016 02:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32538

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo