UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS ISI PESAN MEDIA LEAFLETSLB LAWANG DALAM TATARAN KOGNITIF (Studi Pada Warga Bedali RT. 05 RW.08 Desa Bedali Lawang)

MARLANGEN, ESTI AYU (2016) EFEKTIVITAS ISI PESAN MEDIA LEAFLETSLB LAWANG DALAM TATARAN KOGNITIF (Studi Pada Warga Bedali RT. 05 RW.08 Desa Bedali Lawang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-estiayumar-44559-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-estiayumar-44559-2-babi.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Public Relations dalam suatu lembaga pada hakekatnya merupakan penyelenggara komunikasi timbal balik (Two Way Traffic) antara lembaga yang bersangkutan. Public Relations sebagai suatu kegiatan pemerintah telah lama dilakukan. Kegiatan humas atau disebut dengan Public Relations memberikan dukungan terhadap upaya suatu SLB Pembina Lawang untuk menjaga hubungan baik antara elemen-elemen yang terdapat disekitar sekolah sehingga secara langsung keberadaan sekolah benar-benar memberikan manfaat secara maksimal kepada masyarakat sekitar. Melalui kegiatan Public Relations instansi akan mendapatkan dampak atau manfaat yang besar sehingga dapat mendukung keberadaan instansi, terciptakan komunikasi yang baik antara sekolah dengan masyarakat sekitar serta tetap menjaga citra baik sekolah di masyarakat sekitar. Tujuan penelitian yaitu untuk seberapa besar efektivitas isi pesan media leaflet SLB Lawang dalam tataran kognitif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini adalah warga sekitar SLB lawang yaitu di daerah Bedali Lawang. Teknik analisis data menggunakan tebel prosentase dan tabel distribusi. Penggunaan tabel distribusi jawaban bertujuan untuk melihat skor- skor dari setiap butir pertanyaan, kemudian skor – skor itu disebarkan dijumlahkan untuk mendapatkan skor total. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) tingkat efektifitas pesan humas SLB lawang dalam membangun Citra senilai 2,618 tergolong sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui proporsi masing-masing kategori jawaban responden. Namun demikian pada indikator mengenai membaca liflet tentang SLB Lawang sudah lolos dan sertifikasi 2) ISO 9001:2008 menunjukkan banyak responden yang menyatakan tidak pernah mengetahui yaitu sebanyak 51,4%. 3) Tingkat prosentasi tertinggi yaitu mengenai lingkungan sekolah yaitu sebesar 88,6% menyatakan sering membaca tentang kondisi lingkungan sekolah tersebut dan 4) Tingkat prosentasi tertinggi selanjutnya yaitu mengenai pembelajaran mengenai pemakaian hijab yaitu mencapai 65,7% menyatakan sering mengetahui.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 02:47
Last Modified: 26 Sep 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32537

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo