UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA ETNIK PASER DENGAN ETNIK BUGIS Studi di Kelurahan Tanah Grogot Kabupaten Paser

Fhiernanda, Marina Eka (2016) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA ETNIK PASER DENGAN ETNIK BUGIS Studi di Kelurahan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marinaekaf-44561-2-babi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Marina Eka.pdf

Download (754kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan ketertarikan terhadap komunikasi yang terjadi dikarenakan faktor adaptasi dengan lingkungan baru,beradaptasi bukan berarti mengikuti setiap tindakan orang lain, melainkan mencoba memahami komunikasi, salah satunya saat , saat berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya , maka peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana komunikasi antar budaya yang terjadi pada Etnik Paser dengan Etnik Bugis di Kelurahan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Komunikasi Antar Budaya Etnik Paser dengan Etnik Bugis di Kelurahan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Adapun subyek penelitian ini adalah orang-orang yang ditentukan secara Purposive sampling yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu bahwa mereka dianggap berkompoten untuk menjawab pertanyaan penelitian. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan para subyek penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, buku-buku dan jurnal. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan sebuah upaya dari seluruh subyek untuk membiasakan diri dengan lingkungan yang baru khususnya Etnik Bugis dimana sebagai pendatang di Kelurahan Tanah Grogot dengan cara mengubah kebiasan perilaku komunikasi mereka. Hal ini ditunjukan dengan memahami dan menyesuaikan perilaku komunikasi di daerah Kelurahan Tanah Grogot kabupaten paser baik melalui verbak maupun non verbal. Begitu pula ketika sedang beradaptasi memperhatikan aturan-aturan dan mampu mengurangi ketegangan dalam menjalani kehidupan dengan konteks latar serta latar belakang budaya yang berbeda. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa para pendatang dari Etnik Bugis yang tinggal di Tanah Grogot menggunakan bahasa Bugis sebagai bahasa kesehariannya. Meski begitu, para pendatang Etnik Bugis dapat menyesuaikan bahasa yang digunakannya ketika berada ditengah-tengah masyarakat di Kelurahan Tanah Grogot. Mereka sudah busa memahami bahasa dan logat yang digunakan oleh masyarakat sekitar. Intensitas pertemuan keduanya dibeberapa tempat umum maupun tempat kerja, membuat keduanya dapat mengerti bahasa masing-masing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Sep 2016 02:31
Last Modified: 26 Sep 2016 02:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32536

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo