UMM Institutional Repository

MATERI KESADARAN LINGKUNGAN DALAM BUKU BAHASA INGGRIS K13 SMA TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Inayati, Nina (2016) MATERI KESADARAN LINGKUNGAN DALAM BUKU BAHASA INGGRIS K13 SMA TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
Environmental_Awareness_Raising.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki fleksibilitas topik berperan penting dalam meningkatkan kesadaran lingkungan kepada siswa. Peran tersebut bisa terfasilitasi salah satunya oleh pengunaan buku teks. Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis tema atau topik yang dianggap mampu mempengaruhi dan membentuk pemahaman siswa terhadap topik yang bersangkutan, termasuk topik pelestarian lingkungan. Pada studi ini, para peneliti menganalisa berbagai topik lingkungan pada buku teks Bahasa Inggris K13 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan. Sejalan dengan permasalahan pertama, para peneliti juga mengklasifikasikan berbagai topik lingkungan yang terdapat di dalam buku-buku tersebut untuk mengetahui isu-isu lingkungan yang dibahas di buku teks Bahasa Inggris SMA. Teknik analisis dokumen digunakan sebagai instrumen untuk menjawab kedua permasalahan penelitian. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa topik lingkungan terhitung sebanyak 20% dari keseluruhan topik yang terdapat dalam buku ajar Bahasa Inggris SMA. Selain itu, terdapat enam isu lingkungan yang dibahas di buku ajar SMA: perubahan iklim, manajemen sampah, pelestarian lingkungan hidup, pelestarian satwa langka, penangkapan ikan berkelanjutan, serta keseimbangan alam dan manusia. Hasil yang didapatkan dari studi ini diharapkan dapat membantu para pengambil keputusan untuk mengembangkan isi buku demi menciptakan generasi baru yang memiliki kesadaran tinggi akan lingkungan.

Item Type: Article
Thesis Advisors: Adityo, Aninda Nidhommil Hima
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203)
Depositing User: CKO Repository
Date Deposited: 23 Sep 2016 10:03
Last Modified: 23 Sep 2016 10:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32521

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo