UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS II SDN SUKOSARI KECAMATAN JOGOROTO KABUPATEN JOMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010

ERNAWATI, DWI (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS II SDN SUKOSARI KECAMATAN JOGOROTO KABUPATEN JOMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiernawat-22100-PENDAHUL-N.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwiernawat-22100-BAB+I.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Kegiatan berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dengan baik oleh siswa, namun masih banyak dijumpai kesulitan siswa dalam melakukan kegiatan bercerita baik secara lisan maupun tulis. Hal tersebut nampak pada nilai ulangan harian siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya tentang bercerita dan menuangkan ke dalam tulisan maupun lisan, dari 20 siswa hanya 7 siswa yang kemampuan berbicaranya baik, sedangkan 13 siswa lainnya masih belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh karena itu peneliti mengangkat permasalahan ini dengan memanfaatkan media gambar seri untuk mengatasi kesulitan siswa dalam berbicara, dengan asumsi bahwa gambar seri adalah hal yang menarik bagi anak usia sekolah dasar, sehingga memudahkan siswa untuk menuangkan ide atau gagasannya ke dalam cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas 2 SDN Sukosari kecamatan Jogoroto Jombang dengan menggunakan media gambar seri. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dari hasil pra tindakan, diperoleh siswa yang mencapai ketuntasan hanya 7 siswa (35 %) kemudian setelah pelaksanaan tindakan, hasilnya adalah sebagai berikut ; Pada siklus pertama, jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar yaitu 14 siswa (70 %) sedangkan pada siklus kedua 20 siswa (100 %). Dengan memanfaatkan gambar memberi kemudahan siswa untuk bercerita. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas 2 SDN Sukosari Kecamatan Jogoroto Jombang ada peningkatan sebesar 30%. Karena itu hendaknya guru dapat menggunakan media yang tepat untuk setiap pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 20 Jul 2016 10:36
Last Modified: 20 Jul 2016 10:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32514

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo