UMM Institutional Repository

KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN APEL ORGANIK DI MALANG RAYA

Navis, Nadya (2005) KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN APEL ORGANIK DI MALANG RAYA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-nadyanavis-3335-1+Pendah-n.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Di Indonesia apel telah ditanam sejak tahun 1934 hingga pada saat ini. Di Indonesia apel merupakan komoditas buah-buahan yang banyak digemari di kalangan masyarakat, karena buah-buahan sangat penting bagi kebutuhan tubuh khususnya untuk kesehatan kulit. Di samping itu buah apel mengandung banyak vitamin C dan vitamin B. Buah apel selain dapat dimakan langsung (masih segar) juga dapat diolah menjadi bermacam-macam produk olahan seperti: sari apel, sirup apel, jenang apel, kripik apel dan masih banyak lagi. Buah apel yang tidak tahan lama dan mudah rusak, maka buah apel dapat diolah menjadi bermacam-macam produk seperti di atas. Apel merupakan salah satu commercial holtikulture yang memiliki ekonomi tinggi. Sifat khas apel yang tidak dimiliki oleh kelompok hortikultura (buah-buahan) lainnya, menyebabkan apel memiliki positioning (tempat) tersendiri bagi konsumennya. Kecenderungan perubahan preferensi konsumen yang cepat dan ditunjang dengan tingginya akan kesehatan dan nilai manfaat serta gaya hidup sehat, maka di kembangkanlah sistem pertanian organik. Tujuan utamanya adalah produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat ini telah melembaga secara Internasional yang mengisyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus dikonsumsi (food safety attributes), kandungan nutrisi tinggi (nutrisional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Berdasarkan latar belakang di atas, maka tujuan penelitian sebagai berikut: (a). Untuk mengetahui pertimbangan konsumen dalam membeli apel organik di Malang Raya. (b).Untuk mengetahui frekuensi pembelian apel organik di Malang Raya. Penelitian ini dilakukan di Malang Raya secara sengaja dengan pertimbangan bahwa di Malang Raya adalah daerah yang memiliki potensi pengembangan komoditas apel organik dan di Malang Raya banyak terdapat outlet buah yang menjual apel organik. Pengambilan sampel sebannyak 50 responden. Data dianalisis dengan: a). Analisis deskriptif untukmengetahu frekuensi pembelian apel organik di Malang Raya b). Analisis faktor yaitu untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian apel organik di Malang Raya Berdasarkan hasil analisis diperoleh percentage total variace sebesar 70,694 %. Artinya bahwa faktor produk, tempat, promosi dan daya tarik komoditi yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian apel organik di Malang Raya sebesar 70,694 %. Dengan menggunakan analisis faktor, ternyata dari 13 variabel awal oleh alat analisis di "reduce" (dikurangi) menjadi 9 variabel dan di "arrange" (disusun) menjadi 4 faktor inti, berdasarkan nilai eigenvalues. Ke empat faktor tersebut kemudian diberi nama sesuai dengan pengelompokan variabel loading yang lebih besar dari 0,5. Faktor-faktor tersebut adalah produk, promosi, tempat dan dayatarik komoditi yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian apel organik di Malang Raya yang masing-masing memberikan kontribusi dalam persentage of variance. Faktor pertama variabel yang penting yaitu variabel produk dengan loading faktor sebesar 19,321, faktor kedua variabel yang penting yaitu variabel promosi dengan loading faktor sebesar 19,040, faktor ketiga variabel yang penting yaitu variabel tempat dengan loading faktor sebesar 17,024 dan faktor keempat variabel yang penting yaitu variabel dayatarik komoditi dengan loading faktor sebesar 15,309. Di antara keempat faktor produk, tempat, promosi dan daya tarik komoditi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian apel organik di Malang Raya. Di ketahui bahwa frekuensi pembelian apel organik di Malang Raya pada urutan pertama adalah 1 kali dalam sebulan, yaitu dilakukan sebanyak 20 responden atau 40% dari total seluruh responden. Urutan kedua adalah 2 kali dalam sebulan, yaitu dilakukan sebanyak 17 responden atau 34% dari total seluruh responden. Urutan ketiga adalah 3 kali dalam sebulan, yaitu dilakukan sebanyak 7 responden atau 14% dari total seluruh responden. Urutan pertama adalah 4 kali dalam sebulan, yaitu dilakukan sebanyak 4 responden atau 8% dari total seluruh responden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:51
Last Modified: 20 Jul 2016 04:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32502

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo