UMM Institutional Repository

ANALISIS KARAKTERISTIK ROKOK HARGA TINGGI DAN RENDAH (Kasus Rokok Merek Dji Sam Soe dan Oeloeng di Desa Sumberrejo, Kec. Sumberrejo, Kab. Bojonegoro)

Fadholi, Afif (2005) ANALISIS KARAKTERISTIK ROKOK HARGA TINGGI DAN RENDAH (Kasus Rokok Merek Dji Sam Soe dan Oeloeng di Desa Sumberrejo, Kec. Sumberrejo, Kab. Bojonegoro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Other
jiptummpp-gdl-s1-2005-afiffadhol-3336-PENDAHUL-N.PDF

Download (232kB) | Preview

Abstract

Dalam sejarah perkembangan pertanian di Indonesia tanaman tembakau menempati posisi penting. Tembakau menjadi bagian penting dari sebuah upacara ritual keagamaan, pengobatan sebagai bahan utama pembuatan rokok. Tanaman tembakau di Indonesia diperkirakan dibawa oleh bangsa Portigis atau Spanyol pada abad XVI. Menurut Rhumpus, tanaman tembakau pernah dijumpai di Indonesia Tumbuh di beberapa daerah yang belum dijelajahi oleh bangsa Portugis atau Spanyol. Akhir-akhir ini sub sektor pertanian, khususnya dari tanaman tembakau memberikan sumbangan yang besar pada pendapatan negara selama ini, yaitu dalam bentuk devisa berupa pajak ekpor dan impor, cukai rokok serta sebagai sumber pendapatan pemerintah yang lain. Melihat pentingnya tembakau di Indonesia juga sangat tinggi. Propinsi jawa timur, khususnya Kabupaten Bojonegoro, merupakan salah satu sektor produksi tembakau Virginia. Dari segi ekonomi, tembakau mampu memberikan devisa yang tidak kecil nilainya bagi pemerintah. Cukai yang diterima pemerintah dari industri rokok sebesar Rp 7 triliyun lebih pada tahun 1994. sedangkan pada tahun 1998 meningkat mencapai 7,5 triliyu. Belum lagi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPH) . Melihat konsumen rokok merek Oeloeng rokok merek Dji Sam Soe yang berbeda sifat, kebutuhan dan keinginan dalam mengkonsumsi rokok. Maka dapat dirumuskan perumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana karakteristik konsumen rokok rokok merek Dji Sam Soe dan Oeloeng? 2. Bagaimana merumuskan strategi daya saing rokok merek Oeloeng ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui karakteristik konsumen rokok merek Dji Sam Soe dan Oeloeng. 2. Untuk merumukan strategi meningkatkan daya saing rokok merek Oeloeng. Penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive) yaitu di Desa Sumberrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, penentuan lokasi tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa di daerah penelitian merupakan daerah konsumen rokok merek Oeloeng dan rokok merek Dji Sam Soe. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada 2 macam, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh melaluhi wawancara secara langsung dengan konsumen contoh, dengan berpedoman pada daftar pertanyaan (kuesioner) yang telah dipersiapkan sebelumnya. Data sekunder merupakan data penunjang penelitian yang diperoleh berdasarkan studi pustaka dan instansi-instansi yang terkait dalam penelitian Pemda Kabupaten Bojonegoro dan kantor pemerintahan Desa Sumberrejo. Sedangkan untuk pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling, yaitu pengambilan sampel secara kebetulan, yang didasarkan pada responden yang telah berumur lebih dari 16 tahun. Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. 30 responden rokok merek Oeloeng dan 30 responden rokok merek Dji Sam Soe. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskreptif dan diskriminan. deskriptif digunakan untuk menggambarkan atau melukiskan keadaan objek penelitian, dan analisis diskriminan yang digunakan untuk membedakan perilakukonsumen. Dengan variabel sebagai berikut: Variabel dependent Y = Volume Pembelian Rokok Variabel independent X1 = Umur X2 = Jumlah tanggungan X3 = Pendapatan X4 = Rasa X5 = kemasan X6 = Harga X7 = Loyalitas merek X8 = Iklan X9 = Tempat pembelian Berdasarkan hasil seluruh pembahasan yang telah dijelaskan sebelumnya maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku konsumen yang mengkonsumsi rokok merek Oeloeng dengan konsumen yang mengkonsumsi rokok merek Dji Sam Soe yang ditunjukkan dari nilai signifikan yang tinggi dari Chi Squair pada analaisis wilk’s lamda. Perbedaan signifikan ini dipengaruhi oleh 4 variabel yaitu iklan (X9), harga (X6), jumlah tanggungan (X2), Pendapatan (X3), dengan ketepatan klasifikasi kasus dalam model ini cukup tinggi yaitu 95,0%. Sehingga model ini dapat digunakaan untuk mengklasifikasikan kelompok apakah konsumen rokok merek Oeloeng atau konsumen rokok merek Manajemen rokok Oeloeng harus memperkirakan jumlah penjualan ulang, bila produk baru merupakan jenis barang yang akan dibeli, maka perusahaan harus juga menghitung berapa jumlah penjualan ulang. Hal ini ini disebabkan unit jenis rokok Oeloen rendah dan konsumen akan membeli lagi setelah tahap pengenalan produk. Makin sering pembelian berarti terpenuhinya kepuasan konsumen, dan penjualan akan tinggi dan juga setelah berlalu semua pembeli perdana. Yang perlu dicatat manajer adalah jumlah presentase pembeli ulang yang terdapat pada setiap golongan pembelian ulang: yaitu golongan mereka yang membeli hanya sekali, membeli dua kali, tigaa kali dan seterusnya. Perusahan rokok Oelong lebih sering melakukan peromosi baik melaluhi medi elektronik maupun media cetak. Manajer rokok Oelong harus memilih lebih dahulu satu kota yang dianggap potensial dan melancarkan program periklanan yang gencar untuk memasuki pasar, kemudian masuk Daerah-daerah yang lain satu persatu secara bertahap. Dengan teknik pemasaran berpaparan ini, perusahaan sebaiknya membuat urutan atas beberapa daerah atas daya tarik, misalnya luas pasar, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, jumlah tnggungan dan sebagainya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:48
Last Modified: 20 Jul 2016 04:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32501

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo