UMM Institutional Repository

ANALISIS SWOT GETUK GORENG MEREK "ASLI" H. TOHIRIN SOKARAJA - KABUPATEN BANYUMAS

Widyanti, Kiki (2005) ANALISIS SWOT GETUK GORENG MEREK "ASLI" H. TOHIRIN SOKARAJA - KABUPATEN BANYUMAS. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-kikiwidyan-3338-PENDAHUL-N.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Perusahaan "Asli Haji Tohirin" merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industri getuk goreng. Getuk goreng merupakan makanan yang terbuat dari ubi kayu / ketela pohon yang dicampur dengan bahan tambahan dan diolah sedemikian rupa, sehingga mempunyai bentuk, aroma dan rasa yang khas. Pada akhirnya getuk goreng terus berkembang dan dikenal banyak orang. Semakin banyak orang yang tahu akan getuk goreng maka semakin banyak pula permintaan akan getuk goreng. Adanya peluang bisnis ini membuat para pengusaha mulai melirik dan tertarik untuk membuat usaha getuk goreng. Saat ini banyak pengusaha getuk goreng yang telah sukses, seperti perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin. Kesuksesan ini menjadi cambuk bagi mereka yang ingin membuka usaha bisnis. Kini perusahaan getuk goreng telah banyak berdiri dan mereka melakukan strategi pemasarannya masing-masing untuk memenangkan persaingan, dan persaingan ini bisa diatasi bila perusahaan meningkatkan kemampuannya dalam mengelola aktivitas-aktivitasnya secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui peluang, ancaman, kekuatan, dan kelemahan di perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin dalam memasarkan produknya. 2. Untuk menganalisis SWOT perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin Sokaraja Kabupaten Banyumas. Penentuan lokasi ini dilakukan secara purposive (sengaja) dengan pertimbangan bahwa di kota ini banyak terdapat industri getuk goreng, sehingga mengakibatkan persaingan. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yaitu menggunakan bantuan kuesioner yang diberikan kepada pembeli yang kebetulan datang ke outlet getuk goreng "ASLI" H. Tohirin, dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 responden per cabang outlet. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif SWOT. Analisa deskriptif kualitatif SWOT dibagi menjadi analisa lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Sedangkan lingkungan eksternal meliputi peluang dan ancaman perusahaan. Berikut ini adalah hasil penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin didapatkan: - Kekuatan perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin terdiri dari rasa getuk goreng enak, harga murah, kandungan rasa manis, produk berkualitas tanpa zat pengawet, produk berkualitas tanpa zat pewarna, pelayanan memuaskan, label mudah dipahami, proses pengolahan secara tradisional, jumlah outlet banyak dalam satu lokasi strategis, citra perusahaan baik, mempunyai macam-macam produk, dan jumlah tenaga kerja banyak. - Kelemahan perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin meliputi: daya tahan produk relatif tidak cukup lama, kurangnya permodalan, minimnya jumlah SDM yang berkualitas, promosi kurang, dan proses pengolahan lambat. - Peluang perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin antara lain: produk eksotis khas Sokaraja, banyak tempat yang menjadi daerah pemasaran, adanya hari libur/hari besar nasional, jumlah penduduk yang terus meningkat, perkembangan teknologi, banyak badan perkreditan, dan banyak lembaga pendidikan. - Ancaman perusahaan getuk goreng "ASLI" H. Tohirin meliputi: adanya persaingan produk sejenis, naiknya harga bahan baku, naiknya biaya produksi, perubahan selera konsumen, dan munculnya produk makanan baru. Analisis kuantitatif SWOT diketahui, untuk kekuatan mempunyai nilai 2,42 kelemahan 0,30 peluang 2,00 dan ancaman 0,55. Produk unggulan perusahaan "ASLI" H. Tohirin adalah getuk goreng, dimana proses produksi yang dilakukan disesuaikan dengan permintaan saat itu. Selain memproduksi produk unggulan getuk goreng, juga memproduksi produk makanan kecil lainnya. Selain itu di outlet "ASLI" H. Tohirin juga terdapat produk titipan pihak luar perusahaan. Produk juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti; - Kualitas produk (tanpa mengandung zat pengawet dan zat pewarna) sudah terdaftar di departemen kesehatan, sehingga resmi untuk dikonsumsi oleh masyarakat banyak. - Bahan baku, komposisi dan cara pengolahan ini merupakan penyebab perbedaan rasa dan kualitas getuk goreng dengan outlet lain. - Bentuk getuk goreng kecil sehingga mudah untuk mengkonsumsinya. - Merek getuk goreng "ASLI" H. Tohirin menjadikan sebuah identitas bagi sebuah perusahaan makanan kecil yang sudah terkenal. - Kemasan (wadah) getuk goreng terbuat dari besek yang besar kecilnya disesuaikan dengan keinginan konsumen. - Label "ASLI" H. Tohirin memuat informasi produk maupun perusahaan. - Pelayanan di outlet "ASLI" H. Tohirin baik, ramah dan cekatan. Akan tetapi adanya pengolahan yang masih tradisional ini menyebabkan kelancaran dalam pelayanan. Harga getuk goreng "ASLI" H. Tohirin murah, dan merupakan harga rata-rata minimum dipasaran (harga pas). Distribusi pemasaran produk yang dilakukan perusahaan "ASLI" H. Tohirin secara langsung, yaitu penawaran langsung dari produsen ke konsumen. Promosi yang dilakukan selama ini adalah dengan mempromosikan secara langsung kepada pembeli lewat sampel yang dapat dinikmati pembeli, serta mengikuti kegiatan-kegiatan pameran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:44
Last Modified: 20 Jul 2016 04:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32499

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo