UMM Institutional Repository

ANALISIS PEMASARAN GULA KELAPA ( Studi Kasus di Desa Rejoagung Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi )

WAHYUNI, (2005) ANALISIS PEMASARAN GULA KELAPA ( Studi Kasus di Desa Rejoagung Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-wahyuni007-3362-1.+Penda-n.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Gula kelapa sangat menunjang perekonomian masyarakat miskin di pedesaan dan memiliki pasaran cerah baik di dalam atau di luar negeri, maka diperlukan suatu kondisi yang dapat menimbulkan rangsangan untuk memproduksinya. Tujuan dari pengrajin gula kelapa adalah untuk meningkatkan nilai tambah yang diperoleh dari pohon kelapa yang dimiliki. Salah satu alat yang dapat mendukung peningkatan produksi tersebut yaitu lembaga pemasaran. Peningkatan produksi tanpa adanya lembaga pemasaran yng dapat menunjang produksi dengan harga yang layak dapat mengurangi keinginan pengrajin gula kelapa untuk berproduksi. Faktor pendorong pengrajin yang efektif dalam meningkatkan produksi antara lain adalah tingkat harga yang menguntungkan dan stabilitas harga di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis saluran pemasaran gula kelapa, menganalisis tingkat efisiensi pemasaran gula kelapa melalui marjin pemasaran, elastisitas transmisi harga, dan integrasi pasar vertikal,dan menganalisis jenis pasar. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rejoagung Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja, dengan asumsi bahwa daerah tersebut merupakan daerah yang mempunyai potensi yang cukup besar dalam usaha produksi gula kelapa dan rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai pengrajin gula kelapa. Metode pengambilan sample dengan menggunakan tehnik snow ball sampling, yaitu pengambilan sampel dimana sampel pertama dilakukan dengan cara acak sederhana, sedangkan sampel berikutnya ditentukan berdasarkan alur pergerakan komoditas gula kelapa. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 orang. Metode penganalisaan data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu : analisis diskriptif, yang digunakan untuk mengetahui gambaran saluran pemasaran gula kelapa dari petani ke konsumen. Analisis kuantitatif, yang digunakan untuk mengatahui margin pemasaran, elatisitas pemasaran, dan integrasi pasar vertikal. Dan dari Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran, yaitu: 1. Pengrajin gula kelapa - Tengkulak - Peadagang Kecil- Pengecer (Bondowoso) - Konsumen 2. Pengrajin gula kelapa - Tengkulak - Pengecer (Muncar) - Konsumen 3. Pengrajin gula kelapa - Tengkulak - Pengecer (Situbondo) - Konsumen Margin terbesar terdapat pada saluran pemasaran pertama yaitu sebesar 1647,73 dengan jumlah lembaga pemasaran sebanyak 3. Perolehan share pengrajin gula kelapa terbesar terletak pada saluran pemasaran ketiga yaitu sebesar 60,48% yang hanya melibatkan 3 lembaga pemasaran dan yang terendah pada saluran pemasaran pertama yaitu sebesar 56,64%. Berdasarkan analisa hubungan antara harga pengrajin dengan pengecer, maka dapat diturunkan dalam persamaan linier sebagai berikut: Pf = 3234,360 - 0,283Pr Dari analisa elastisitas transmisi harga sebesar ET1 = 0,2, ET2 = 0,2, dan ET3 = 0,2 dengan nilai elastisitas hasil analisa diperoleh T hitung 4,046 < T tabel 7,19 sehingga perubahan harga ditingkat pengrajin tidak mempengaruhi perubahan harga tingkat pengecer dan jika mempengaruhi yaitu dengan tingkat korelasi yang lemah yaitu 0,254. Dari hasil analisa regresi diperoleh hasil bahwa F hitung 50,887 > F tabel 9,33, sehingga struktur pasar yang ada di daerah penelitian termasuk pasar persaingan tidak sempurna. Hubungan antara pasar bawah dengan pasar di atasnya dan jenis pasar apa yang terjadi dapat dilihat pada persamaan linier sebagai berikut: Pj = 2826,110 + 1,631 Dari hasil penelitian α = 1,631 jadi α > 1, maka jenis pasar yang terjadi yaitu monopsoni, maksudnya yaitu adanya monopoli dari lembaga pemasaran yang di atasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:34
Last Modified: 20 Jul 2016 04:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32496

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo