UMM Institutional Repository

ANALISIS KOMPARATIF USAHATANI SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS JAGUNG (PAJ) (Study kasus di Desa Yungyang Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan)

Rokhmawati, Yudies (2005) ANALISIS KOMPARATIF USAHATANI SEBELUM DAN SESUDAH PROGRAM PENGEMBANGAN AGRIBISNIS JAGUNG (PAJ) (Study kasus di Desa Yungyang Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil produksi dan pendapatan merupakan masalah klasik yang sering dialami oleh petani. Petani yang mayoritas kehidupannya dibawah garis kemiskinan, harus dihadapkan pada tingginya biaya produksi, sehingga kadang kebutuhan usaha tani sering tidak optimal terbeli. Hal ini nantinya dapat mempengaruhi hasil produksi dan pendapatan, sehingga hasil produksi rendah pendapatan juga tidak optimal. Keresahan petani di atas akan berakibat pada kinerja petani yang tidak optimal lagi sehingga akan berdampak pada Pemerintah yaitu tidak tercapainya lagi ketahanan pangan tanaman jagung. Untuk mengatasi hal ini Pemerintah sering mengambil suatu kebijakan yang mengarah pada pengoptimalan hasil produksi jagung dengan cara pemberian kredit atau bantuan modal. Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui Cabang Dinas Pertanian yaitu dengan membentuk program Pengembangan Agribisnis Jangung (PAJ). Maka timbul masalah lain yaitu: 1.Bagaimana karakteristik petani sebelum dan sesudah program Pengembangan Agribisnis Jagung (PAJ). 2. Apakah terdapat perbedaan dalam hal produksi, penerimaan, biaya produksi dan pendapatan petani sebelum dan sesudah menjadi peserta PAJ Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana karakteristik petani sebelum dan sesudah program Pengembangan Agribisnis Jagung (PAJ). 2. Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dalam hal produksi, penerimaan, biaya produksi dan pendapatan petani sebelum dan sesudah menjadi peserta PAJ Hipotesis penelitian ini adalah: 1. Diduga terhadap perbedaan produksi, penerimaan, biaya produksi dan pendapatan petani sebelum dan sesudah bergabung dengan program Pengembangan Agribisnis Jagung (PAJ). 2. Diduga tidak terhadap perbedaan produksi, penerimaan, biaya uksi dan pendapatan petani sebelum dan sesudah bergabung dengan program Pengembangan Agribisnis Jagung (PAJ)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:23
Last Modified: 20 Jul 2016 04:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32493

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo