UMM Institutional Repository

POTENSI KONTRIBUSI KOMODITAS BROCCOLI, SAWI, WORTEL TERHADAP PENDAPATAN SUB TERMINAL AGRIBISNIS (STA) MANTUNG MALANG

MARINI, DEWI (2005) POTENSI KONTRIBUSI KOMODITAS BROCCOLI, SAWI, WORTEL TERHADAP PENDAPATAN SUB TERMINAL AGRIBISNIS (STA) MANTUNG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-dewimarini-3436-PENDAHUL-N.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Pembangunan insfrastruktur Sub terminal Agribisnis (STA) Mantung sebagai salah satu alternatif solusi bagi pengembangan agribisnis, diharapkan mampu mengatasi berbagai kendala juga memberikan kemudahan dan informasi bagi para petani yang menghasilkan produk pertanian yang berdaya saing tinggi dan mempunyai kualitas baik. Adapun kendala yang sering terjadi dalam pengembangan agribisnis antara lain terjadinya kehilangan pasca panen, kelemahan produsen dalam melakukan pendistribusian dan pemasaran produk, diharapakan dengan dengan adanya Sub terminal agribisnis (STA) Mantung semua kendala yang terjadi dapat teratasi dengan baik. Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan beberapa permasalahan, yaitu: (1) Bagaimana trend volume dan harga komoditas brongkol, sawi, wortel terhadap pendapatan Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung. (2) Seberapa besar potensi kontribusi komoditas brongkol, sawi, wortel terhadap pendapatan Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung. Sesuai dengan permasalahan tersebut, maka tujuan penulisan yang ingin dicapai adalah: (1) Untuk mengetahui trend volume dan harga komoditas brongkol, sawi, wortel terhadap pendapatan Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung. (2) Untuk mengetahui berapa besar potensi kontribusi komoditas brongkol, sawi, wortel terhadap pendapatan Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung. Tempat penelitian dengan sengaja di lakukan pada Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung Kec. Pujon Kab. Malang. Jenis data adalah data sekunder. Metode analisa data: (1) Analisa Trend adalah digunakan untuk mempelajari pola gerakan suatu variabel pada suatu interval waktu misal (minggu, bulan, tahun), sehinga dapat diperoleh sebagai ukuran yang dapat digunakan untuk membuat keputusan pada interval waktu tertentu (baik untuk saat ini, nmaupun yang akan datang). (2) Potensi kontribusi mengambarkan seberapa besar pendapatan yang diperoleh Sub Terminal Agribisnis (STA) Mantung. Hasil analisis atau peramalan volume untuk komoditas broccoli pada bulan September-November terjadi penurunan dan komoditas sawi pada bulan September-November terjadi penurunan, sedangkan pada komoditas wortel mengalami penurunan dikarenakan volume konoditas yang rendah. Hasil analisis atau peramalan harga untuk komoditas broccoli pada bulan September-November terjadi penurunan harga dan komoditas sawi pada bulan September-November mengalami kenaikan harga, sedangkan pada komoditas wortel mengalami terjadi penurunan kembali. Realisasi ponco’an komoditas broccoli pada bulan Juni-Agustus ssebesar 271,2% dan komoditas sawi sebesar 603,4%, sedangkan komoditas wortel pada bulan Juni-Agustus sebesar 724,9%. Kontribusi pendapatan STA Mantung komoditas broccoli pada bulan Juni-Agustus sebesar 31,1% dan komoditas sawi sebesar 69,1%, sedangkan komoditas wortel pada bulan Juni-Agustus sebesar 82,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:20
Last Modified: 20 Jul 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32491

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo