UMM Institutional Repository

ANALISA BIAYA DAN PENDAPATAN PENGOLAHAN GATHOT INSTANT ( Studi kasus di Industri Rumah tangga Bapak Gawi Desa Tumpak Rejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang)

Purba SL, Yudith (2005) ANALISA BIAYA DAN PENDAPATAN PENGOLAHAN GATHOT INSTANT ( Studi kasus di Industri Rumah tangga Bapak Gawi Desa Tumpak Rejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-yudithpurb-4641-PENDAHUL-N.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Pembangunan pertanian tidak lagi berorientasi semata- mata pada peningkatan produksi tetapi pada peningkatan produktifitas dan nilai tambah, karenanya efisiensi usaha haruslah dipertimbangkan. Petani diharapkan tidak hanya bekerja di lahan saja, tetapi diarahkan dan dituntut bagaimana mengembangkan jiwa dan semangat wira usaha serta dapat mengolah produk yang dihasilkan menjadi produk setengah jadi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan keluarganya. Pangan ubi kayu merupakan komoditas tanaman pangan yang sangat penting setelah komoditas padi dan jagung. Selain ubi kayu sebagai bahan pangan pokok, ubi kayu juga dapat diolah menjadi industri makanan olahan yaitu gathot instant. Dalam penelitian ini dirumuskan beberapa masalah yaitu, (1) Berapa besar biaya dan pendapatan yang diperoleh industri pengolahan gatot instant, (2) Berapa besar nilai efisiensi dari industri pengolahan gatot instant. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui besar biaya dan pendapatan industri pengolahan Gatot Instant (2) Untuk mengetahui efisiensi dari industri pengolahan Gatot Instant. Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi pembuat keputusan dalam mengambil keputusan untuk menentukan langkah langkah perbaikan maupun ekspansi. Penelitian ini dilakukan pada industri pengolahan gathot instant " Aggrek" yang dikelola oleh Bapak Gawi yang terdapat di Desa Tumpak Rejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa industri pengolahan gathot instant "Anggrek" merupakan industri yang sedang berkembang. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data produksi, penerimaan dan keuntungan dari industri pengolahan gahot instant. Data yang diambil adalah data time series antara bulan Februari 2004 sampai bulan Februari 2005 sedangkan data penunjang digunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pengusaha. Adapun analisa yang digunakan adalah analisa biaya, analisa penerimaan, analisa pendapatan dan analisa efisiensi dengan menggunakan R/C Ratio. Dari data yang diperoleh pada saat penelitian diperoleh biaya total sebesar Rp 748.954,49.Penerimaan sebesar 981818,18. Maka besarnya pendapatan adalah Rp 232.863,69. dari hasil perhitungan analisa R/C Ratio diperoleh nilai 1,3 yang berarti industri pengolahan tersebut efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:16
Last Modified: 20 Jul 2016 04:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32489

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo