UMM Institutional Repository

SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINYAK GORENG "BIMOLI" (Studi Kasus di Kota Malang)

Ma’isyah, Nur (2005) SIKAP KONSUMEN TERHADAP MINYAK GORENG "BIMOLI" (Studi Kasus di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2005-nurmaisyah-3324-1.+PENDA-N.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Saat ini trend pemasaran mengalami pergeseran yaitu dari pendekatan transaksional ke pendekatan relasional dengan berfokus kepada pemenuhan kebutuhan, kepuasan dan kesenangan. Untuk dapat mengenal, menciptakan dan mempertahankan pelanggan maka studi tentang sikap konsumen sebagai perwujudan dari aktifitas jiwa manusia sangatlah penting. Sikap konsumen menjadi kajian yang sangat penting bagi kalangan pemasar. Karena konsumen memiliki keanekaragaman baik dalam bersikap maupun berperilaku. Dengan mengetahui sikap konsumen, pemasar dapat mengidentifikasi segmen manfaat, mengembangkan produk dan memformulasikan serta mengevaluasi strategi promosional. Selain itu Bimoli merupakan minyak goreng bermerk yang menguasai 50% pangsa pasar minyak goreng di Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan variabel motivasi, pendapatan, pendidikan, produk, harga, tempat atau distribusi dan promosi dengan sikap konsumen minyak goreng Bimoli. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling yaitu metode pengambilan sampel secara kebetulan. Sedangkan metode analisa data yang digunakan yaitu model Fishbein dan koefisien korelasi Rank Sperman (rs). Dari hasil analisi Rank Spearman (rs) terdapat hubungan yang signifikan antara semua faktor internal yaitu marketing mix (produk, harga, tempat dan promosi) dengan sikap kosumen terhadap minyak goreng Bimoli. Faktor produk terdiri dari Faktor produk yang terdiri dari loyalitas/kesetiaan terhadap merk, kemasan dan kualitas mempunyai nilai koefisien korelasi 0,699. Faktor harga terdiri dari harga murah dan harga yang sesuai dengan kualitas mempunyai nilai koefisien korelasi 0,585. Faktor tempat terdiri dari dekat dengan rumah dan ketersedian produk setiap saat mempunyai nilai sebesar 0,753. Faktor promosi terdiri dari iklan di televisi menarik, iklan di media cetak menarik, promosi dari sumber lain menarik dan keputusan pembelian diambil setelah melihat iklan mempunyai koefisien korelasi 0,578. Sedangkan untuk faktor internal yaitu motivasi dan karakteristik responden (pendidikan dan pendapatan), hanya motivasi yang mempunyai hubungan yang signifikan dengan sikap konsumen terhadap minyak goreng Bimoli. Nilai signifikannya adalah 0.006 dan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,370. Dari faktor eksternal dan internal yang telah diteliti dan terdapat hubungan yang signifikan, dapat diurutkan dari faktor yang mempunyai hubungan paling erat sampai kurang erat yaitu tempat, produk, harga, promosi dan terakhir adalah motivasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:14
Last Modified: 20 Jul 2016 04:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32488

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo