UMM Institutional Repository

ANALISIS EFISIENSI USAHATANI BENGKUANG (Pachyrrhizus erosus) (Studi Kasus Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri)

EFENDI, DONI CAHYO (2008) ANALISIS EFISIENSI USAHATANI BENGKUANG (Pachyrrhizus erosus) (Studi Kasus Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Studi Kasus Penelitian di Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Dibawah bimbingan: Ir. Dyah Erni W, MM. dan Ir. Istis Baroh, MP. Bengkuang (Pacyrrhizus erosus), merupakan tumbuhan semak semusim yang tumbuh membelit, batangnya bulat, berambut dan berwarna hijau. Manfaat dan kegunaannya pun beragam, mulai dari keragaman buah untuk dikonsumsi sampai kebutuhan kesehatan (perawatan kulit), dan pengendalian hama. Salah satu keuntungan secara teknis dari usaha tani bengkuang adalah proses budidaya yang mudah dan biaya produksi yang relatif kecil. Adapun permasalahan yang akan diulas dalam penelitian ini antara lain: berapa besarnya biaya, penerimaan, dan pendapatan usaha tani bengkuang dan apakah usaha tani bengkuang efisien dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besarnya biaya, penerimaan, dan pendapatan usaha tani bengkuang serta untuk mengetahui efisiensi dari usaha tani bengkuang. Penentuan daerah lokasi penelitian di Desa Nanggungan Kecamatan Kayen Kidul dilakukan secara sengaja, mengingat akan keterbatasan waktu, biaya dan tenaga serta letak geografisnya yang sesuai untuk tanaman bengkuang. Populasi yang akan diambil dalam penelitian ini adalah petani yang membudidayakan tanaman bengkuang. Untuk penentuan jumlah sampel yang akan diuji dalam penelitian ini dipilih secara acak atau menggunakan metode Simple Random Sampling dimana setiap populasi mempunyai peluang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, dan populasi dianggap homogen. Metode pengumpulan data yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis data yaitu, Data primer yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara langsung dengan petani menggunakan daftar pertanyaan/quisioner yang telah dipersiapkan. Data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait yang mendukung dimana penelitian dilakukan. Metode analisa data yang digunakan adalah Metode kuantitatif, metode analisa data dengan mengadakan perhitungan-perhitungan matematis yang relevan terhadap masalah yang dianalisis yaitu: Analisa Biaya, Analisa Penerimaan, Analisa Pendapatan, dan Analisa Efisiensi. Dari penelitian yang telah dilakukan di Desa Nanggungan didapatkan hasil penelitian : • Rata-rata biaya produksi bengkuang dalam satu kali musim tanam yakni Rp. 12.933.694 yang berasal dari biaya tetap (fixed cost) dan biaya tidak tetap (variable cost) Rata-rata jumlah penerimaan yang diperoleh petani bengkuang sebesar Rp. 16.965.962. Diketahui rata-rata pendapatan hasil usaha tani bengkuang Rp. 4.032.269. • Rasio efisiensi (rasio R/C) sebesar 1,31 > 1 maka berdasarkan kriteria penilaian rasio tersebut menunjukkan bahwa usaha tani bengkuang yang dilakukan oleh petani bengkuang di Desa Nanggungan tergolong Efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture & Animal Husbandry > Department of Agribusiness
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:06
Last Modified: 20 Jul 2016 04:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32483

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo