UMM Institutional Repository

PENDUGAAN CADANGAN KARBON (C) TERSIMPAN DI ATAS PERMUKAAN TANAH PADA VEGETASI HUTAN TANAMAN JATI (Tectona grandis Linn. f ) (Di Bagian Utara RPH Sengguruh BKPH Sengguruh KPH Malang Unit II Jawa Timur)

ANWAR, RANDI (2011) PENDUGAAN CADANGAN KARBON (C) TERSIMPAN DI ATAS PERMUKAAN TANAH PADA VEGETASI HUTAN TANAMAN JATI (Tectona grandis Linn. f ) (Di Bagian Utara RPH Sengguruh BKPH Sengguruh KPH Malang Unit II Jawa Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-grey-2011-randianwar-20720-BAB+I.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-grey-2011-randianwar-20720-Pendahul-n.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Perubahan kehidupan paling signifikan saat ini adalah meningkatnya intensitas ultraviolet ke permukaan bumi yang dipengaruhi oleh menipisnya lapisan atmosfer. Dampak nyata terhadap perubahan alam tersebut adalah terjadinya perubahan iklim akibat dari terakumulasinya gas-gas rumah kaca seperti gas karbon dioksida (CO2) sekitar 50 persen, diikuti chlorofluorocarbon (CFC) 25 persen, gas methan 10 persen, dan sisanya adalah gas lainnya. Gas-gas tersebut merupakan indikasi bagaimana sebuah sistem perubahan iklim terjadi dan mempengaruhi kehidupan di bumi. Salah satu fenomena terkait terjadinya perubahan iklim yang berpotensi dalam meningkatkan akumulasi gas rumah kaca adalah peristiwa kebakaran hutan dan lahan. Mengingat pentingnya vegetasi di dalam hutan yang berfungsi sebagai penangkap dan penyimpan karbon (carbon capture and storage), maka kebakaran hutan dan lahan harus dicegah agar tidak menambah jumlah pelepasan karbon ke atmosfer yang dapat menyebabkan pemanasan global. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi karbon yang tersimpan pada tanaman jati ( T. grandis Linn.f). dan untuk mengetahui kelas umur (KU) berapa yang paling besar menyimpan karbon di bagian Utara RPH Sengguruh BKPH Sengguruh KPH Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2010 bertempat dilahan Perhutani Bagian Utara RPH Sengguruh BKPH Sengguruh KPH Malang, Analisa Biomassa dilakukan dilaboratorium Kehutanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah timbangan, oven, galah, kantung plastik, kamera, phi band, meteran, parang/golok, gunting, kristin meter, tali plastik, tally sheet dan alat tulis. Bahan yang digunakan adalah cabang pohon dan tumbuhan bawah untuk dianalisis di Laboratorium. Hasil Penelitian adalah jumlah karbon yang tersimpan pada vegetasi hutan tanman Jati di Bagian Utara KRPH Sengguruh BKPH Sengguruh KPH Malang dengan Luasan 128 Ha sebesar, 4440,84. Cadangan karbon paling besar tersimpat pada tingkat pohon yaitu KU III sebesar 2470.66 dan yang paling rendah tersimpan pada tumbuhan bawah yaitu sebesar 446,47. Simpanan Karbon sangat dipengaruhi oleh biomassa oleh karena itu apa pun yang menyebabkan bertambah atau berkurangnya potensi biomassa akan berpengaruh pula terhadap sarapan Karbon. Faktor yang menyebabkan peningkatan potensi karbon adalah penjarangan karna dengan adanya penjarangan akan menyebabkan persaingan antara pohon berkurang sehingga akan memperbesar kualitas pertumbuhan pohon dan dimensi tegakan, umur pohon akan meningkatkan jumlah sarapan karbon karena semakin bertambah umur maka dimensi tegakan bertambah sehingga potensi karbon meningkat. Hasil Perhitungan Pendugaan karbon tersimpan pada vegetasi Hutan Tanaman Jati (T. grandis Linn.F) ini di harapkan dapat dijadikan sebagai landasan untuk menghitung estimasi karbon pada Vegetasi Hutan Tanaman Jati dalam Skala Nasional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Forestry (54251)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:41
Last Modified: 20 Jul 2016 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo