UMM Institutional Repository

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL JIGSAW PADA MATERI KENAMPAAN BUMI SISWA KELAS IV SDN PAJENG II KECAMATAN GONDANG BOJONEGORO

NYAMI, (2011) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL JIGSAW PADA MATERI KENAMPAAN BUMI SISWA KELAS IV SDN PAJENG II KECAMATAN GONDANG BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nyami07390-22144-Pendahul-n.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nyami07390-22144-BAB+I.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di lapangan, dalam kegiatan pembelajaran materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah baik pada proses maupun produk belajaranya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran konvensional, sehingga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peninkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dilakukan PTK dengan menggunakan Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Model Jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SDN Pajeng II dengan tahapan 2 siklus. Pada siklus I sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar Model Jigsaw, sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjeasan kepada siswa tentang pembelajaran Pendekatan Kontektual Model Jigsaw belum maksimal. Dalam siklus 2 siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi pembelajaran Model Jigsaw dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari observasi terhadap guru dan siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran yang mengarah pada Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Model Jigsaw. Dari hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I 70% menjadi 90 % pada siklus 2. Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Model Jigsaw, dari hasil pelaksanaan siklus 1 dan 2 dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Pendekatan Kontekstual Model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA pada kelas IV SDN Pajeng II, Gondang, Bojonegoro

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:24
Last Modified: 20 Jul 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32460

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo