UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN BULU II KEC.BALEN KAB.BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2009-2010

PURWANINGSIH, NUNUNG (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI MENJUMLAHKAN BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN BULU II KEC.BALEN KAB.BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nunungpurw-22154-Pendahul-n.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nunungpurw-22154-BAB+I.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas pembelajaran di kelas IV SDN Bulu II yang sangat rendah. Pembelajaran yang dilaksanakan masih tergolong konvensioal, pembelajaran mengikuti alur informasi ceramah, pemberian contoh dan pemberian tugas. Untuk menyelesaikan soal penjumlahan bilangan bulat, siswa selalu membuat garis bilangan pada buku tulis keadaan tersebut menimbulkan kebosanan, kejenuhan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar. Sehingga berdampak pada hasil prestasi siswa yang sangat rendah. Setelah mengerjakan evaluasi tentang penjumlahan bilangan bulat, nilai individu dan rata-rata dalam satu kelas berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil prestasi siswa di kelas IV SDN Bulu II dengan menerapkan model pembelajaran Bermain-Peran (Role-Playing). Dengan model tersebut siswa dapat mengembangkan imajinasi dan memajukan kemampuannya untuk bekerja sama. Siswa dapat bermain-main sambil belajar dan sesuai dengan dunia nyata siswa. Dalam pembelajaran, terjadi peningkatan keaktifan siswa, kreativitas meningkat dan hasil prestasi meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara berkolaborasi, mulai dari proses identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ada 2 siklus. Siklus I dilaksanakan 2x pertemuan. Siklus II dilaksanakan 2x pertemuan. Pada siklus I siswa belum terbiasa dengan model pembelajaran Role-Playing, sehingga perlu dilakukan tindakan dengan memberikan instruksi pendahuluan dan diberikan latihan pemanasan terlebih dahulu. Dalam siklus II, peneliti mengimplementasikan pembelajaran bermain-peran (Role-Playing) dan dapat menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari hasil observasi aktivitas siswa meningkat dari siklus I, dan prosentase 50% menjadi 100% pada siklus II. Sementara hasil tes pra tindakan rata-rata nilai siswa 57dan prosentase ketuntasan kelas mencapai 20%, pada siklus I mencapai rata-rata 65 dan prosentase ketuntasan kelas mencapai 30% kemudian pada siklus II sangat meningkat, mencapai rata-rata 79 dan prosentase ketuntasan kelas mencapai 100%. Karena target keberhasilan telah tercapai, maka penelitian dianggap cukup pada siklus II dan tidak dirasa perlu untuk melanjutkan pada siklus berikutnya. Disarankan bahwa dalam pembelajaran matematika terutama pada materi penjumlahan bilangan bulat, guru kelas IV SDN Bulu II hendaknya menggunakan model pembelajaran bermain-peran (Role-Playing). Hasil penelitian ini dapat diterapkan di kelas IV di sekolah lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:59
Last Modified: 20 Jul 2016 02:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32444

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo