UMM Institutional Repository

REDESAIN MODEL KONSTRUKSI ATAS JEMBATAN RANGKA TERBUKA

RAHMAN, AULIA (2011) REDESAIN MODEL KONSTRUKSI ATAS JEMBATAN RANGKA TERBUKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-auliarahma-24191-BAB+I.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-auliarahma-24191-PENDAHUL-N.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (I) Ir. Erwin Rommel, MT, (II) Zamzami Septiropa, ST, MT. Jembatan merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat penting bagi umat manusia. Jembatan juga berfungsi sebagai penghubung antara suatu daerah dengan daerah yang lainnya yang terpisah oleh sungai, danau, laut, jurang maupun saluran irigasi. Oleh sebab itu, melihat pentingnya fungsi dari suatu jembatan maka pembuatan jembatan harus memenuhi berbagai macam standar yang telah ditentukan. Salah satu syarat yang harus terpenuhi dalam pembuatan jembatan adalah ketahanan jembatan tersebut dalam menahan beban baik manusia maupun kendaraan yang melintas pada jembatan tersebut serta kondisi kesetimbangan statis pada jembatan tersebut. Data perencanaan jembatan adalah bentang 5 meter, tinggi 0,5 meter dan lebar 1 meter dengan bentuk rangka - K sebagai jembatan existing dan jembatan rangka australi sebagai jembatan alternatif. Pada pemilihan profil batang, untuk jembatan exsisting menggunakan doubel siku 30303 pada batang tepi atas, bawah dan singel siku 30303 pada batang vertikal serta 20203 pada batang diagonal dalam. Dan untuk jembatan alternatifnya menggunakan profil 30303 pada semua batang. Dari hasil studi, pada re - design model konstruksi jembatan rangka baja ini diketahui bahwa jembatan exsisting memiliki bobot (Weks) = 52 kg dan jembatan alternatif (Walt) = 56 kg, kapasitas jembatan existing (Peks) dan kapasitas jembatan alternative (Palt) yang terjadi pada setiap batang tepi atas, bawah dan diagonal yang masing - masing mengemas nilai Peks = 1078,123 kg dan Palt = 1380 kg untuk batang tepi atas, Peks = 1078,123 kg dan Palt = 1230 kg untuk batang tepi bawah, serta Peks = 387,10 kg dan Palt = 368,51 kg untuk batang diagonal. Tak tertinggalan juga masalah hasil lendutan yang terjadi dari hasil Staadpro untuk kedua jembatan tersebut yang ada dengan nilai maksimum yang terjadi, yaitu Δeks = 0,417 mm untuk jembatan exsisting dan Δalt = 0,469 mm untuk jembatan alternatif. Dari penelitian ini penulis mengharapkan agar diadakan penelitian lanjutan untuk meredesain jembatan rangka ini dengan model rangka - rangka yang lainnya. Dalam perencanaan rangka jembatan harus diusahakan untuk mendapatkan hasil yang efisien tapi tidak mengurangi kualitas kekuatan struktur seperti pemilihan profil yang didapat dari perhitungan kapasitas batang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:48
Last Modified: 20 Jul 2016 02:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32438

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo