UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MATERI MENGARANG MELALUI KARTU EJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN JATIREJO BANYAKAN KEDIRI

WIJAYANTI, ANIK (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MATERI MENGARANG MELALUI KARTU EJAAN PADA SISWA KELAS IV SDN JATIREJO BANYAKAN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-anikwijaya-22169-Pendahul-n.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-anikwijaya-22169-BAB+I.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Kegiatan mengarang salah satu aspek yang ada dalam kemampuan siswa ketrampilan berbahasa, guna untuk mempermudah dalam pembelajaran, tetapi pada kegiatan pembelajaran siswa kelas IV masih banyak yang kurang tepat dalam penulisan. Masalah yang dihadapi adalah : (1) siswa tidak memperhatikan penggunaan huruf kapital, (2) siswa kurang tepat dalam penggunaan tanda baca, (3) siswa tidak cepat menemukan ide pokok dalam mengarang. Penelitian ini memiliki satu fokus tujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu eja. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu sarana untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas guru. Media pembelajaran dan metode yang digunakan pada kegiatan pembelajaran harus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.. Pada penelitian ini, media pembelajaran yang digunakan adalah kartu eja.. Dengan menggunakan media kartu eja inilah yang akan diterapkan peneliti pada siswa kelas IV , mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi mengarang, semester II tahun pelajaran 2009-2010.. Penelitian ini terbagi menjadi 2 (dua) siklus . Setiap siklus terbagi menjadi (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Setiap siklus diakhiri dengan tes uji kompetensi yang akan dijadikan indikator peningkatan prestasi belajar siswa. Pada siklus I nilai rata -rata siswa adalah 60,8 dengan nilai tuntas 16 siswa atau 64 %, pada siklus II nilai rata - rata siswa adalah 66,8 dengan nilai tuntas 25 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran kartu eja dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV, terbukti dengan peningkatan hasil prestasi belajar dari siklus I ke siklus II yang meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 Jul 2016 09:01
Last Modified: 19 Jul 2016 09:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32426

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo