UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MODEL LUAS DAERAH MELALUI DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 4 SDN PARANG V BANYAKAN KEDIRI

NURKHOSIDAH, SITI (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN PECAHAN DENGAN MODEL LUAS DAERAH MELALUI DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS 4 SDN PARANG V BANYAKAN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sitinurkho-22170-Pendahul-n.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sitinurkho-22170-BAB+I.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kenyataan menunjukan bahwa siswa kelas 4 SDN Parang V Kecamatan Banyakan masih kesulitan untuk memahami konsep pada Standar Kompetensi menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah, Kompetensi Dasar menjumlahkan pecahan. Hal ini terlihat dari mengerjakan ulangan harian sebagai berikut : hanya 6 siswa atau 42,85 0/0 dari 14 siswa mendapat nilai di atas Standar Ketuntasan Minimal yaitu 60 yang ditentukan oleh sekolah. Nilai rata-rata hanya mencapai 51,07 jauh dari apa yang diharapkan.Hal-hal tersebut mungkin disebabkan dari faktor guru, guru hanya menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan kurang sesuai dengan konsep yang diajarkan. Faktor dari siswa semangat belajar kurang, siswa sering mengeluhkan dan mengatakan pelajaran Matematika sulit. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK adalah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas, atau memecahkan masalah pembelajaran di kelas /di latar penelitian yang dilakukan secara bersiklus, bahwa pada setiap siklus terdiri atas : planning- perencanaan, acting & observing - tindakan dan pengamatan, reflecting- perefleksian, dan revise plan- perbaikan rencana. Pembelajaran pada tiap siklus menggunakan demonstrasi, Sanjaya (2006), dan Sumantri dan Permada (1998/1999) mengemukakan bahwa demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan pada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topik bahasan yang harus didemonstrasikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model luas daerah melalui demonstrasi pada materi penjumlahan pecahan dapat meningkatkan prestasi belajar dalam pelajaran matematika di kelas 4 SDN Parang V Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Menerapkan model luas daerah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, hasil yang diperoleh siswa diantaranya : pra siklus (uji coba) nilai rata-rata kelas 51,07 ketuntasan 6 siswa atau 42,85 %. Siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 63,21 ketuntasan 8 siswa atau 57,14 %. Siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 77,14 ketuntasan 14 siswa atau 100 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:57
Last Modified: 19 Jul 2016 08:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32425

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo