UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN METODE PETEKABAR (PERMAINAN TEBAK KATA DAN GAMBAR) PADA SISWA KELAS I SDN WATUDAKON II KECAMATAN KESAMBEN JOMBANG

ISWATIN, ENY (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN METODE PETEKABAR (PERMAINAN TEBAK KATA DAN GAMBAR) PADA SISWA KELAS I SDN WATUDAKON II KECAMATAN KESAMBEN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-enyiswatin-22157-Pendadhu-n.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-enyiswatin-22157-BAB+I.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas rendah khususnya kelas I SDN Watudakon II Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang, banyak yang terdiam dan hanya senyum-senyum di depan kelas ketika ia diminta untuk mengutarakan sesuatu secara lisan walaupun ketika ia berada di antara teman-temannya dalam situasi yang santai dapat bercerita secara lisan. Hasil refleksi awal terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia aspek berbicara di kelas I SDN Watudakon II Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang menunjukkan bahwa terdapat 14 orang siswa dari 26 orang siswa memperoleh nilai di bawah KKM atau <65. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka peneliti mengasumsikan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Watudakon II Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang perlu ditingkatkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara melalui penggunaan metode Petekabar di SDN Watudakon II Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang?; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas I SDN Watudakon II Kesamben Jombang dengan digunakannya metode Petekabar? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, masingmasing terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, Pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas I SDN Watudakon II Jl. Raya Watudakon Desa Watudakon Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang telepon (0321) 7230202 pada tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 85% siswa mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal siswa yang mengalami ketuntasan belajar mencapai 46%, pada siklus I 73% dan pada siklus II mencapai 88%. Proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara melalui penggunaan metode Petekabar di SDN Watudakon II Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang pada siklus I dan siklus II terdapat perbedaan. Kesimpulannya bahwa metode petekabar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SDN Watudakon II Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:51
Last Modified: 20 Jul 2016 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32415

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo