UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN POLA PEMBERDAYAAN BERFIKIR MELALUI PERTANYAAN UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 9 SUGIO LAMONGAN

MAQFIROWATI, ETA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN POLA PEMBERDAYAAN BERFIKIR MELALUI PERTANYAAN UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 9 SUGIO LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-etamaqfiro-20057-PENDAHUL-N.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-etamaqfiro-20057-BAB+I.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sains biologi di SMP Muhammadiyah 9 Sugio Lamongan menunjukan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran masih kurang, hal tersebut secara tidak langsung berdampak pada hasil yang didapat juga kurang dari SKBM yaitu 65. Kurangnya siswa merespon guru, bertanya maupun menanggapi ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Keadaan demikian dilakukan penelitian dengan penerapan pembelajaran tipe TPS yaitu jenis metode pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa, dengan pola PBMP yaitu pembelajaran yang memiliki ciri utama memberdayakan berpikir melalui pertanyaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali post-test. Indikator keberhasilan tindakan dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa dari siklus I dan siklus II sebagai akibat dari penerapan tipe TPS dengan pola PBMP. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan pada senin 03 Mei 2010 - 31 Mei 2010 di SMP Muhammadiyah 9 Sugio Lamongan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII-A yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa. Analisis data untuk pemecahan masalah menggunakan presentase tingkat aktivitas siswa sedangkan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan, siswa dalam penerapan tipe TPS dengan pola PBMP dapat meningkatkan aktivitas belajar, terlihat aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,8% (Cukup) dan pada siklus II adalah 66,4% (Baik), sehingga mengalami peningkatan sebesar 9,6%. Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 68,7% (Cukup) dan pada siklus II adalah 90,6% (Sangat Baik), sehingga mengalami peningkatan sebesar 21,9%. Berdasarkan hasil temuan ini maka kesimpulan dari peneliti adalah penerapan tipe TPS dengan pola PBMP dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:43
Last Modified: 19 Jul 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32405

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo