UMM Institutional Repository

PENGARUH TINGKAT KETAATAN PENGUNGKAPAN WAJIB DAN LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

ALIMINARTI, LATHIFANI (2010) PENGARUH TINGKAT KETAATAN PENGUNGKAPAN WAJIB DAN LUAS PENGUNGKAPAN SUKARELA TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2010-lathifania-18376-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat ketaatan pengungkapan wajib dan luas pengungkapan sukarela terhadap return saham, dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap return saham. Jenis penelitian ini bersifat explanatory research. Data pada penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Periodisasi data penelitian ini mencakup data periode 2005 - 2008. Teknik analisis data yang digunakan adalah: menghitung variabel bebas pengungkapan wajib dan pengungkapan sukarela, menghitung variabel terikat return saham, melakukan pengujian terhadap hipotesis yang telah diajukan. Berdasarkan hasil peneltian yang dilakukan terhadap 13 perusahaan sampel yang diteliti, dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat ketaatan wajib perusahaan manufaktur sebesar 74% sedangkan rata-rata luas pengungkapan sukarela perusahaan manufaktur sebesar 57%. Hal ini membuktikan bahwa praktek pengungkapan wajib relatif sudah banyak ditaati oleh emiten, sebaliknya kesediaan emiten untuk memberikan pengungkapan sukarela masih relatif rendah. Hasil perhitungan dari uji F menunjukan variabel bebas yang diwakili oleh pengungkapan wajib dan pengungkapan sukarela memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat return saham. Selain itu analisis variabel pengungkapan wajib menunjukan t¬tabel sebesar 4,233 dan t¬tabel untuk pengungkapan sukarela 2,387 yang berarti bahwa kedua variabel bebas memiliki pengaruh terhadap return saham secara parsial serta tingkat ketaatan pengungkapan wajib memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan luas pengungkapan sukarela.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 Jun 2016 07:37
Last Modified: 24 Jun 2016 07:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32354

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo