UMM Institutional Repository

"ANALISA TREND DAN PERILAKU KONSUMEN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus floridae) di CV. AGARICUS SIDO MAKMUR SENTOSA (ASIMAS) BEDALI - LAWANG KABUPATEN MALANG"

SUROSO, IMAM (2008) "ANALISA TREND DAN PERILAKU KONSUMEN JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus floridae) di CV. AGARICUS SIDO MAKMUR SENTOSA (ASIMAS) BEDALI - LAWANG KABUPATEN MALANG". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2008-imamsuroso-14232-Pendahul-n.pdf

Download (846kB) | Preview

Abstract

Secara sosial budaya, jamur tiram putih merupakan bahan pangan bergizi, berkhasiat obat yang lebih murah dibandingkon obat modern. Secara ekonomis merupakan komoditas yang tinggi harganya dan dapat meningkatkan pendapatan petani serta dapat dijadikan makanan olahan untuk konsumsi dalam upaya peningkatan gizi masyarakat. Pada tahun ini persaingan perusahaan semakin tajam, perusahaan semakin kompetitif menarik konsumen dalam usaha mempertahankan keberadaannya agar tetap hidup dan berkembang. Konsumenpun semakin selektif dalam menentukan keputusan pembelian. Menghadapi era perdagangan bebas ini, Perusahaan harus meningkatkan kepekaannya terhadap perubahan lingkungan yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui saluran pemasaran jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa (2) Mengetahui trend dan laju pertumbuhan penjualan jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa (3) Mengetahui segmen potensial jamur tiram putih (4) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa. (5) Mengetahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja atau purposive yaitu di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa yang tempatnya terletak di Jl. Inspektur Polisi Soewoto No. 6A Bedali - Lawang. dengan pertimbangan bahwa di daerah dan tempat tersebut merupakan tempat yang dikenal sebagai homeindustri khususnya jamur tiram, disamping itu daerah tersebut merupakan salah satu tempat yang dapat diwawancarai. Populasi dalam analisa perilaku konsumen dalam penelitian ini adalah konsumen jamur tiram putih Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS). Pengambilan sampel untuk analisa perilaku konsumen dilakukan secara accidental sampling, yaitu dengan memberikan kuisioner kepada pembeli dan pengunjung CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa dengan jumlah sampel 98. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang berdasarkan metode pengumpulan data, yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisa dalam penelitian ini, yaitu analisis trend, analisa laju pertumbuhan dan analisis perilaku konsumen dengan menggunakan analisis faktor program SPSS 12.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, saluran pemasaran jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) adalah zero level marketing yaitu konsumen akhir (end user) dan one level marketing yang terdiri dari agen, pedagang besar, pengecer dan tersebar di wilayah Jawa Timur dan Bali. Segmen potensial jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) adalah konsumen berpendidikan sarjana yang terdiri dari pegawai swasta maupun pegawai negeri dan diikuti mahasiswa dengan usia antar 20 - 29 tahun yang sebagian besar adalah pegawai swasta dan mahasiswa. Trend harga, produksi dan permintaan jamur tiram putih (Pleurotus floridae) CV. ASIMAS mempunyai slope positif (+) yang berarti harga, produksi dan permintaan pada satu tahun yang akan datang akan mengalami peningkatan. Persamaan regresi linier harga jamur tiram putih ASIMAS didapat Y = 8.000 + 166,7 X. Persamaan regresi linier produksi jamur tiram putih ASIMAS adalah Y = 9.547 + 1725,9 X. Persamaan regresi linier Permintaan jamur tiram putih ASIMAS didapat Y = 8.341,1 + 1.558,2 X. Berdasarkan prediksi (forecasting) pada tahun 2008 - 2011 yang akan datang, jumlah produksi jamur tiram putih ASIMAS masih lebih besar dari jumlah permintaan. Laju pertumbuhan harga, produksi dan permintaan relatif konstan, dengan rata-rata laju pertumbuhan harga tahun 2004 - 2007 sebesar 1,6%, sedangkan laju pertumbuhan produksi tahun 2004 - 2007 sebesar 33,76% dan laju pertumbuhan permintaan tahun 2004 - 2007 sebesar 32,35%. Berdasarkan analisis faktor terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian jamur tiram putih di CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa (ASIMAS) adalah sebanyak 7 faktor inti, yaitu inisiatif pribadi, penyajian produk, motivasi, informasi, kepribadian dan konsep diri, pengalaman dan ketersediaan produk. Berdasarkan hasil penelitian perilaku konsumen jamur tiram putih ASIMAS diperoleh satu faktor yang paling dominan, yaitu faktor inisiatif pribadi yang terdiri dari 4 variabel, yaitu, membeli karena inisiatif sendiri, kebersihan produk, kondisi kesegaran produk dan harga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:47
Last Modified: 23 Jun 2016 07:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32340

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo